Komentar SBY Terkait Pro Kontra Pertemuan IMF-WB

Komentar SBY Terkait Pro Kontra Pertemuan IMF-WB istimewa

WinNetNews.com - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketum Partai Demokrat ikut bicara soal polemik penyelenggaraan Annual Meeting IMF-World Bank di Bali. SBY menyoroti adanya pro-kontra soal ajang tersebut. 

Lewat kultwit, SBY mengatakan pertemuan ini bisa memberikan manfaat bagi Indonesia. Oleh sebab itu, agendanya harus dikelola dengan tepat agar bermanfaat bagi rakyat. 

"Saya tahu ada pihak yang menentang (kontra) dan ada pula yang mendukung (pro). Demokrasi memang begitu. Yang penting jangan hitam-putih," kata SBY, Senin (8/10/2018). 

SBY mengutip alasan pihak-pihak yang menentang hajatan ini. Alasan pertama adalah pemerintah dianggap tidak berempati karena mengadakan acara besar-besaran di tengah bencana. Alasan kedua, acara tersebut dianggap pemborosan. 

"Jika dikaitkan dengan bencana, mungkin persiapan dan perencanaan pertemuan ini sudah matang, sehingga tak bisa ditunda lagi. Kalau itu alasannya, jadikan pula pertemuan ini sebagai wahana dan forum solidaritas, termasuk 'fundraising' untuk bantu rakyat yang terkena bencana," ungkapnya. 

SBY mendorong pemerintah memberi penjelasan secara gamblang untuk menjawab kritik terkait biaya Annual Meeting IMF-WB. Menurutnya, DPR dan BPK juga bisa bergerak. 

"Biar tak jadi fitnah dan 'hoax', DPR RI bisa minta penjelasan kepada pemerintah dan BPK juga bisa lakukan audit apakah terjadi pemborosan," ujar SBY. 

"Negara kita miliki sistem dan tatanan yang baik jika ada 'perselisihan'. Namun, berikan kesempatan kepada negara menjadi tuan rumah yang baik," tutupnya. (detikcom)