Komik Legendaris Si Buta dari Gua Hantu Akan Segera Difilmkan

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Komik Legendaris Si Buta dari Gua Hantu Akan Segera Difilmkan Si Buta dari Gua Hantu Film (sumber: kincir)

Winnetnews.com - Kamu pasti sudah akrab dengan komik legendaris buatan Ganesh TH yang sempat menjadi sinetron di tahun 1990-an, Si Buta dari Gua Hantu. Kisah dari komik itu sebentar lagi akan diangkat menjadi sebuah film dengan judul Si Buta dari Gua Hantu: Mata Malaikat.

Film ini akan diproduksi oleh BumiLangit Studios dan akan mulai syuting pada Oktober 2019 mendatang. “Lagi siap-siap preparation Si Buta dari Gua Hantu, harusnya Oktober sudah mulai syuting,” ujar Production Manager BumiLangit Studios, Imansyah Lubis, seperti yang dikutip dari Antara.

Sebelumnya, pada Mei 2018 sutradara Timo Tjahjanto mengungkapkan dirinya sedang menggarap naskah film karakter jagoan asli Indonesia ini. Kemudian pada Oktober 2018, Timo kembali mengungkapkan bahwa rencana film tersebut akan tayang pada 2020 mendatang. Berdasarkan unggahan yang sempat dipamerkan Timo dalam akun instagramnya, ia mengatakan bahwa film ini akan memiliki judul resmi dengan kearifan lokal.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Timo Tjahjanto (@timobros) on

Si Buta dari Gua Hantu versi film ini nantinya merupakan cerita mengenai karakter utama dalam serial silat yang diciptakan komikus Ganesh TH pada 1960-an. Komik ini sempat diadaptasi menjadi film di akhir 1970 dengan judul yang sama. Adaptasi berlanjut pada enam judul film lain, yaitu Borobudur (1972), Sorga yang Hilang (1977), Duel di Kawah Bromo (1977), Neraka Perut Bumi (1985), Lembah Maut (1990), dan Bangkitnya Si Mata Malaikat (1988).

Secara garis besar, Si Buta dari Gua Hantu berlatar belakang Nusantara pada zaman kolonial Hindia Belanda. Si Buta memiliki ilmu silat yang tinggi dengan menggunakan pedang atau tongkat dan menguasai ilmu membedakan suara. Demi membalas kematian ayah dan tunangannya, Barda terpaksa membutakan kedua matanya untuk bisa mengalahkan Mata Malaikat, penjahat buta yang sakti mandraguna.

Sejak itu, ia dikenal sebagai pendekar perkasa dan legendaris dengan julukan SI Buta dari Gua Hantu. Si Buta diceritakan sebagai seorang petualang dan pergi ke berbagai pelosok Nusantara. Ia juga akan ditemani oleh monyet yang sering berada di pundaknya, Winara.

Apa Reaksi Kamu?