Komisi III Desak Jokowi Copot Jabatan Wiranto

Khalied Malvino

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Komisi III Desak Jokowi Copot Jabatan Wiranto
Wakil Ketua Komisi III DPR, Erma Manik. [Foto: Twitter DPR RI]

Winnetnews.com - Pasca dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) atas nama Randi (21) dan Yusuf (19) tewas saat berunjuk rasa (unras) tuntut menolak Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKHUP) berbuntut panjang.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Erma Manik meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mencopot Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamana (Menkopolhukam) Wiranto yang dinilai telah gagal dalam mengantisipasi persoalan politik dan keamanan yang menjadi domain wilayah kerjanya.

“Wiranto gagal dalam menangani kondisi yang ada,” bebernya seperti dilansir Detik.com, Jum’at (27/9).

Menurut Erma, kegagalan Wiranto dalam menangani soal politik dan keamanan tercermin dari aksi unras yang tidak hanya berlangsung di Jakarta dan Kendari, melainkan juga dari Aceh hingga Papua.

Selain itu, Komisi III DPR meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengusut tuntas peristiwa tersebut, termasuk pelaku yang mengakibatkan tewasnya Randi dan Yusuf. Kapolri diminta harus mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara.

"Copot Kapolda Sultra karena terbukti tidak profesional dalam menangani aksi demonstrasi," kata Erma.

Erma menjelaskan menangani aksi-aksi demonstrasi dan kritik terhadap pemerintah tidak boleh dilakukan dengan kekerasan dan represi. Cara itu perlu dihindari karena akan menimbulkan korban.

"Indonesia adalah negara demokrasi," tandas politikus Partai Demokrat ini.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...