Skip to main content

Komisi III DPR Minta Jaksa Agung Hentikan Kasus BW dan Samad

Komisi III DPR Minta Jaksa Agung Hentikan Kasus BW dan Samad
Komisi III DPR Minta Jaksa Agung Hentikan Kasus BW dan Samad

WinNetNews.com - Komisi III menilai kasus dua mantan pimpinan KPK, Bambang Widjojanto (BW) dan Abraham Samad (AS) dihentikan. Hal tersebut disampaikan kepada Jaksa Agung M Prasetyo.

"Tekait kasus tersangka BW dan AS. Di sini dikatakan kasus sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan masuk tahap kedua. Kalau kita mengikuti KUHAP pasal 13, kejaksaan punya kewenangan untuk memberikan penilaian," ujar Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman.

Itu disampaikannya dalam rapat kerja antara Komisi III dengan Jaksa Agung di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2016). Benny menilai kasus BW dan AS sudah lama terkatung-katung.

Benny meminta pada raker yang akan datang, permasalahan BW dan AS sudah selesai. Atau paling tidak ada kemajuan. Apakah dihentikan atau dilanjutkan.

"Tanpa bermaksud mengintervesi kewenanagn Jaksa Agung. Untuk asas keadilan, tolong proses dipercepat. Kalau kasus dihentikan kita mendukung. Dengan segala suka dukanya lebih baik ditutup, itu survey, pendapat umum," ucapnya.

Meski begitu, Benny mempersilahkan agar Kejaksaan Agung benar-benar memperhatikan kelanjutan kasus dua mantan pimpinan KPK Jilid III itu. Jangan sampai, kata Benny, karena adanya desakan publik terhadap penutupan kasus tersebut pada akhirnya Kejaksaan Agung tidak menegakkan hukum.

Permintaan senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi III John Azis dari Fraksi Golkar. Ia menyebut jangan sampai kasus-kasus serupa akan terjadi lagi.

Sementara itu Prasetyo mengatakan dirinya mengakui bahwa memang ada banyak tekanan terkait kasus ini. Mulai dari yang mendukung ataupun menolak kasus BW dan AS dilanjutkan.

disadur dari situs detik news

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top