Komisi X Kritik Kerja Sama Kemendikbud dengan Netflix Tayangkan Film Dokumenter
Kerja sama Netflix dan Kemendikbud. (Foto: Tempo.co)

Komisi X Kritik Kerja Sama Kemendikbud dengan Netflix Tayangkan Film Dokumenter

Kamis, 18 Jun 2020 | 15:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ketua Komisi X Syaiful Huda menilai langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Netflix untuk menyajikan film dokumenter di TVRI dapat mengurangi ruang kreativitas bagi anak bangsa.

"Kami merasa banyak anak bangsa yang lebih kreatif untuk membuat film dokumenter, film pendek, hingga panduan belajar bagi peserta didik selama masa Belajar Dari Rumah," kata Huda dalam keterangan tertulis, Kamis (18/6).

Huda mengakui, selama proses pembelajaran jarak jauh, siswa memang membutuhkan hiburan berkualitas yang memuat unsur pendidikan. Namun, menurutnya kebutuhan film-film dokumenter tersebut seharusnya diberikan kepada rumah produksi lokal/

"Kita masih punya Pusat Film Nasional (PFN), kita masih punya banyak mahasiswa dari Desain Komunikasi Visual. Kenapa tidak diberikan kesempatan bagi mereka," ucapnya.

Ia juga menyoroti Netflix yang belum memenuhi kewajibannya sebelum memulai bisnis di Indonesia. Selain itu, kata Huda, Netflix bisa mengancam eksistensi berbagai badan usaha lokal yang bergerak di bidang industri kreatif.

"Ini agak aneh, institusi bisnis yang jelas belum memenuhi kewajibannya malah digandeng instansi negara. Ini kan seolah melegitimasi institusi lain untuk mangkir kewajiban toh nantinya tetap bisa bergandengan tangan dengan pemerintah," kata dia.

Diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menayangkan film-film dokumenter produksi Netflix di TVRI mulai Sabtu, 20 Juni 2020. Film-film dokumenter Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB.

Kerja sama Kemendikbud dan Netflix ini merupakan bagian dari program Belajar dari Rumah yang disiarkan  di TVRI. Program Belajar dari Rumah yang diluncurkan 12 April 2020 merupakan alternatif belajar di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...