Kompetisi Dompet Digital Kian Marak, WeChat Pay Resmi Beroperasi
Ilustrasi sistem pembayaran WeChat Pay. [Foto: Techinasia.com]

Kompetisi Dompet Digital Kian Marak, WeChat Pay Resmi Beroperasi

Senin, 13 Jan 2020 | 15:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Winners, ada yang pernah download aplikasi media sosial pertemanan WeChat? Kabar terkini, WeChat resmi mengoperasikan WeChat Pay, dompet digital terbaru yang siap berkompetisi dengan e-wallet lain yang sudah lebih dulu beroperasi.

Dilansir CNBCIndonesia.com, Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran, Ricky Satria menuturkan, WeChat Pay telah dilluncurkan di Indonesia per 1 Januari 2020.

"WeChat Pay sudah masuk ke Indonesia," ujarnya, Sabtu (11/1).

WeChat Pay masuk ke Indonesia melalui kerja sama dengan Bank CIMB Niaga. Tetapi layanan ini hanya tersedia bagi turis China yang dapat ke Indonesia.

Masyarakat Indonesia tidak bisa menggunakan WeChat Pay. Sementara untuk Alipay platform dompet digital milik Alibaba, belum mendapatkan izin untuk beroperasi.

Dalam aturan Bank Indonesia (BI), dompet digital yang ingin beroperasi melayani turis harus bekerja sama dengan Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV.

Dengan masuknya WeChat Pay ke Indonesia, Ricky mengungkapkan jika Indonesia bisa mendapat keuntungan untuk mengetahui seberapa banyak turis-turis mancanegara dalam berbelanja di Indonesia.

"Sekarang kan [Turis berbelanja] tidak tercatat. Tapi kalau lewat QRIS tercatat. Berapa sih teman-teman turis berbelanja lewat QRIS," lanjut Rixky.

Untuk diketahui, per 1 Januari 2020, seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai wajib menggunakan Quick Response (QR) Code.

Hal itu dilakukan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS). [cnbc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...