Komposer Jepang Ryuichi Sakamoto Anggap Yoo Hee Yeol Tidak Menjiplak Lagunya

Nisa Diniah

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Komposer Jepang Ryuichi Sakamoto Anggap Yoo Hee Yeol Tidak Menjiplak Lagunya
Foto: Allkpop

Winnetnews.com -  Komposer asal Jepang, Ryuichi Sakamoto akhirnya buka suara terkait tuduhan bahwa Yoo Hee Yeol menjiplak lagunya Aqua. Baru-baru ini, ia menanggapi permintaan maaf resmi yang dibuat Yoo Hee Yeol setelah diketahui bahwa lagunya berjudul A Most Private Evening terdengar mirip dengan Aqua.

"Saya menghargai fans saya yang melaporkan insiden itu kepada saya dan niat jujur ​​Mr. Yoo Hee Yeol untuk berbicara di depan umum tentang lagu tersebut. Musiknya memiliki kesamaan, tetapi saya tidak berpikir itu pada tingkat yang mengharuskan tindakan hukum apa pun untuk melindungi lagu Aqua saya. Saya bisa melihat dia sangat menghormati komposisi saya," kata Ryuichi Sakamoto dikutip dari Allkpop.

Ryuichi Sakamoto menjelaskan. "Saya memiliki beberapa karya yang memiliki pengaruh kuat yang jelas dari Bach dan Debussey, yang saya cintai, hormati, dan dari siapa saya telah belajar banyak. Saya tidak bermaksud menempatkan diri saya pada level yang sama dengan Bach dan Debussey, jadi tolong jangan salah paham. Setiap ciptaan dipengaruhi oleh seni yang ada (domain publik). Akan sangat bagus dan dihargai jika Anda dapat memasukkan 5-10% orisinalitas Anda ke dalamnya. Itu adalah pendapat lama saya. Saya masih mencoba yang terbaik untuk meningkatkan persentase orisinalitas saya pada setiap musik yang saya buat, yang merupakan tantangan. Tapi itu membuat seni menjadi indah, saya pikir."

Ryuichi Sakamoto juga berterimas kasih kepada Yoo Hee Yeol dan dukungan para fansnya. Ia berharap album baru Yoo Hee Yeol akan sukses.

"Saya berterima kasih kepada Mr. Yoo Hee Yeol dan dukungan murah hati fans saya. Semoga sukses dengan karya album baru Mr. Yoo Hee Yeol. Saya berharap yang terbaik untuknya," ujar Ryuichi Sakamoto.

Sementara itu, Antenna belum memberikan kabar terbaru terkait perilisan Yoo Hee Yeol's Life Music LP, yang sempat ditunda saat berita masalah plagiarisme pertama kali muncul.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...