Kompres Plester, Cara Praktis Redakan Demam Anak
ilustrasi

Kompres Plester, Cara Praktis Redakan Demam Anak

Rabu, 16 Sep 2020 | 10:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada kalanya anak jatuh sakit dan mengalami demam. Ketika anak demam, orang tua perlu sigap untuk mencari cara meredakan gejala. Ada berbagai langkah yang sering diterapkan untuk atasi demam pada anak. Selain minum obat, biasanya orang tua mengupayakan cara seperti menggunakan kompres handuk maupun kompres plester pada anak.

Cara menurunkan demam anak dengan kompres handuk dan kompres plester

Demam merupakan mekanisme alami pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Kondisi ini mengindikasikan bahwa tubuh si kecil sedang berjuang melawan sakit. Demam terjadi ketika tubuh menaikkan suhu internalnya di atas suhu normal, di atas 37.2 °C. 

Pengaturan suhu ini biasanya dilakukan oleh hipotalamus, organ yang bertanggung jawab mengatur suhu tubuh. Cara ini dilakukan karena imunitas anak sedang melawan infeksi penyakit. Efek sampingnya, anak jadi tidak enak badan dan kurang nyaman.

Namun, Ayah dan Ibu perlu waspada jika suhu demam lebih dari 38°C karena bisa menimbulkan dampak serius, yaitu dehidrasi. Di samping itu, anak jadi tidak nafsu makan dan lebih lesu dibandingkan biasanya. 

Untuk, itu orang tua perlu menerapkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam anak. Salah satu cara yang sederhana yang telah disebutkan sebelumnya, yakni menggunakan handuk kompres dan kompres plester.

Yuk, cari tahu bagaimana metode kerja keduanya dalam menurunkan demam pada anak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...