Kondisi Ini yang Membuat Wanita Hamil Suaranya Berubah
ilustrasi

Kondisi Ini yang Membuat Wanita Hamil Suaranya Berubah

Kamis, 13 Feb 2020 | 07:21 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Saat seorang wanita sedang hamil, berbagai perubahan bisa terjadi pada tubuhnya. Perubahan fisiologis, metabolisme, dan anatomi terjadi pada tubuh seorang wanita. Selain beberapa perubahan tersebut, wanita hamil juga bisa mengalami perubahan suara.. Lantas, apa penyebab suara berubah saat hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Suara Berubah saat Hamil

Sebuah penelitian dari University of Sussex di Brighton, Inggris, menemukan bahwa nada suara wanita turun saat hamil dan usai melahirkan. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa suara berubah saat hamil dan pasca-melahirkan disebabkan karena perubahan hormon.

“Meskipun data kami tidak dapat menjelaskan mekanisme yang mendorong perubahan suara postpartum ini, satu kemungkinan penyebabnya adalah perubahan kadar hormon, terutama testosteron, estrogen, dan progesteron,” kata Katarzyna Pisanski dan rekan-rekannya di University of Sussex Voice Lab.

Menurut Pisanski, hormon-hormon yang meningkat selama kehamilan dan menurun tajam setelah melahirkan berkontribusi terhadap depresi pasca-persalinan pada beberapa wanita. Ketika berbicara tentang nada suara, hormon seks dapat memiliki efek langsung yang efektif dengan meningkatkan massa lipatan vokal dan memperlambat pola getarannya sehingga menurunkan nada suara.

Kondisi ini membuat suara ibu menjadi jauh lebih rendah dan lebih monoton selama tahun pertama pasca-persalinan dibandingkan dengan selama kehamilan atau sebelumnya.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa suara wanita dapat berubah terkait dengan kesuburan, dengan nada tinggi di waktu sekitar ovulasi setiap bulannya, dan menurun setelah menopause,” katanya.

Pada akhirnya, suara berubah saat hamil atau setelah melahirkan bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Penelitian menunjukkan bahwa nada suara bisa kembali normal setahun setelah melahirkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...