Kondisi Pengungsian Anggota Gafatar di Kalbar

Kondisi Pengungsian Anggota Gafatar di Kalbar

Kamis, 21 Jan 2016 | 06:34 | Rusmanto
WinNetNews.com - Sebanyak 1.529 Anggota Gafatar telah ditampung di Kamp Bekangdam XII/Tangjungpura, Kalimantan Barat. Meski harus tinggal dalam pengungsian, namun segala keperluan mereka dibuat selayaknya mereka di rumah.

"Jadi para anggota Gafatar ini tinggal di pengungsian ditempatkan di beberapa tempat. Ada yang ditempatkan ke gedung menginap sementara anggota TNI sebelum penugasan, ada juga yang ditempatkan di luar dengan menggunakan tenda, atau di pelataran garasi kendaraan tapi ditutup terpal plastik biar nyaman," kata Kapendam XII Kolonel Infantri Mukhlis, saat dihubungi detikcom, Rabu (20/1/2016) malam.

Mukhlis menambahkan selain tempat tinggal sementara, pos-pos keperluan lainnya seperti logistik dan pos kesehatan juga telah dipersiapkan. Dalam hal ini, TNI bekerja sama dengan sejumlah pihak.

"Untuk pos-pos kesehatan akan ditangani oleh Dinas Kesehatan Pemda Kalbar. Sedangkan untuk keperluan pangan kita dapat bantuan dari Dinsos, tapi yang akan mengolahnya tetap anggota TNI dengan menyiapkan dapur lapangan," sambung Mukhlis.

Sebelumnya, Menteri Sosial Khofifah Parawansa mengatakan telah mempersiapkan kebutuhan Logistik bagi anggota Gafatar yang di tampung di Kamp TNI Pontianak.

"Kebetulan ada 1000 lebih anggota Gafatar di Tangsi TNI di Pontianak. Sampai dengan mereka dipulangkan dengan KRI, akan ditanggung Kemensos logistik selama di karantina. Dukungan logistik selama masa penampungan didukung dari Pemprov Kalbar, dapur lapangan diselenggarakan oleh Bekangdam XII/Tangjungpura," ujar Khofifah usai raker dengan Komisi VIII di Gedung DPR.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...