Konser Drive-In The Chainsmokers Tuai Kecaman, Dianggap Mengancam Kesehatan
Foto: Applenews.com

Konser Drive-In The Chainsmokers Tuai Kecaman, Dianggap Mengancam Kesehatan

Selasa, 28 Jul 2020 | 10:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Penggalangan dana yang dilakukan oleh The Chainsmokers di Hamptons, New York, Amerika Serikat pada Sabtu (25/7) lalu menjadi kontroversi dan mendapat banyak kecaman di media sosial. Acara yang berubah menjadi konser drive-in ini, membuat komisaris kesehatan Howard Zucker merasa terganggu.

Dikutip dari Variety, kekhawatiran yang dialami oleh Zucker terkait acara ‘Safe & Sound’ ini membuat dirinya menuliskan surat kepda penyelia kota Southampton, Jay Schneiderman, pada Senin (27/7) kemarin.

“Saya bingung bagaimana Kota Southampton bisa mengeluarkan izin untuk acara seperti itu, bagaimana mereka percaya itu legal dan bukan ancaman kesehatan masyarakat yang jelas,” tulis Howard Zucker dalam suratnya.

Dikutip dari BuzzFeedNews, pemerintah negara bagian New York melakukan penyelidikan acara tersebut, bagaimana izin penyelenggaraannya dikeluarkan. Meskipun saat ini New York baru saja mendeklarasikan status darurat yang melarang pertemuan tidak penting yang melibatkan lebih dari 50 orang.

Cuplikan video dari acara ini banyak beredar di media sosial yang memperlihatkan penonton konser menari dengan jarak yang berdekatan satu sama lain. Jumlah penonton yang mencapai 2.000 orang itu, padahal telah diminta untuk tetap berada di kendaraan mereka masing-masing dan menempati area yang telah ditunjuk.

Pihak penyelenggara juga bersikeras bahwa sebagian besar atau semua orang yang ada di sana melakukannya, meskipun orang-orang yang menari di luar mobil lebih banyak terlihat dalam video.

Menanggapi kecaman yang didapatkannya, pihak penyelenggaran In The Know Experiences dan Invisible Noise mengeluarkan pernyataan yang menguraikan bahwa mereka sudah melakukan tindakan penecegahan keselamatan yang tepat. Di mana para penonton yang hadir harus melakukan pengecekan suhu tubuh secara mandiri selama 2 minggu sebelum acara.

Kemudian saat sampai di lokasi pun, harus menjalani pengecekan suhu badan lagi, tidak boleh melepas masker, bahkan keluar dari mobil kecuali jika ingin ke toilet.

Dana yang terkumpul dari acara ini kemudian dialokasikan untuk No Kid Hungry, Southampton Fresh Air Home dan Dana Medis Anak-anak di New York.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...