Konsumen RI Mesti Cerdas Konsumsi Barang

Konsumen RI Mesti Cerdas Konsumsi Barang

WinNetNews.com - Menteri Perdagangan Thomas Lembong ‎ingin konsumen di Indonesia naik kelas dari sebelumnya yang hanya mengonsumsi barang dan jasa namun konsumen Indonesia sekarang harus cerdas dalam memilih barang dan jasa.

Dia mengatakan, konsumen harus meninggalkan pola konsumsi dari yang sekadar menerima seadanya. Konsumen harus maksimal dalam menentukan kualitas barang dan jasa yang dibeli.

"‎Konsumsi harus naik kelas evolusi dari orientasi konsumsi sekadar konsumsi menjadi konsumsi yang cerdas, " kata dia saat membuka acara Hari Konsumen Nasional, di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sedang berupaya melakukan transisi ekonomi dari konsumsi menjadi produksi dan investasi. Namun begitu, pihaknya mengatakan bukan berarti konsumsi harus ditinggalkan sama sekali.

 

"Artinya apa bukan berarti meninggalkan konsumsi beralih konsumsi ke produksi," ujar dia.

Thomas mengatakan, transisi ekonomi harus diikuti oleh peningkatan kelas konsumen. Dia mengatakan, supaya konsumen naik kelas harus cerdas dalam memilih dengan mempertimbangkan aspek mutu dan keamanan.

"Memperhatikan mutu, keamanan, memperhatikan nilai sosial yang tercermin produk dan jasa," tutur dia.

Sumber dari Liputan6, Jakarta