Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Kurangi Gejala Menopause
Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Konsumsi 4 Makanan Ini untuk Kurangi Gejala Menopause

Selasa, 14 Sep 2021 | 17:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Menopause merupakan kondisi di mana seorang wanita mengalami siklus menstruasinya berakhir secara alami. Biasanya ini terjadi ketika wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun.

Berkeringat di malam hari, mood swing, dan difungsi seksual, sering terjadi ketika seorang perempuan mengalami menopause. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

“Meskipun mengelola menopause bisa terasa seperti Anda berada di roller coaster emosional, perjalanan mungkin terasa sedikit lebih lancar jika Anda melakukan beberapa perubahan sederhana pada pola makan,” kata Bonnie Taub-Dix, penulis buku ‘Read It Before You Eat It – Taking You From Label to Table’, dikutip dari Everyday Health.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala menopause.

Cokelat

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam The FASEB Journal edisi Juli 2021 melaporkan bawha di antara 19 wanita pascamenopause, makan cokelat susu dalam jumlah pekat selama pagi atau malam hari (100 gram cokelat setiap hari) tidak menyebabkan penambahan berat badan. Asupan tinggi cokelat di pagi hari malah membakar lemak dan mengurangi kadar glukosa darah.

Minum air

Pastikan tubuh mendapatkan air yang cukup. Ini dapat membantu mengurangi berbagai gejala seperti kekeringan pada vagina, memperbaiki penampilan kulit, hingga mengurangi kembung. Jika tubuh sedang dehidrasi, maka dapat terlihat dari rasa haus, kram otot, kulit kering, kelelahan, dan kebingungan.

Buah dan sayur

Banyak wanita mengalami berat badannya naik saat menopause. Selain memiliki kandungan air yang tinggi, buah dan sayuran juga kaya akan serat yang bisa membantu kita merasa kenyang dan mengurangi konsumsi kalori.

Susu

Karena perubahan hormonal, wanita mengalami keropos tulang yang signifikan selama menopause dan kadang-kadang menyebabkan osteoporosis pascamenopause. Lindungi tulang dengan mendapatkan cukup kalsium dari produk susu dan produk yang diperkaya kalsium.

Menurut Mayo Clinic, wanita berusia 19 hingga 50 tahun harus mengonsumsi 1.000 miligram (mg) sehari, sementara wanita berusia 51 tahun ke atas harus mengonsumsi 1.200 mg sehari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...