Konsumsi Alkohol Secara Wajar Melindungi Jantung

Konsumsi Alkohol Secara Wajar Melindungi Jantung

Wingamers.com - Konsumsi alkohol secara wajar melindungi jantung tapi meningkatkan risiko kanker. Penelitian global yang dilansir The Guardian menunjukkan bahwa risiko sakit jantung menurun 24% tapi ini untuk mereka yang wajar mengkonsumsi alkohol.

Tapi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum alkohol sama sekali, risiko terkena kanker malah naik 51%. Laporan yang terbit di Lancet medical journal ini menunjukkan bahwa konsumsi alkohol perlu diperhatikan lebih dalam.

Penelitian ini mengambil contoh di 12 negara dengan standar kehidupan yang berbeda. Satu hal pasti, konsumsi alkohol meningkat di negara tersebut. Negara kaya diwakili Swedia dan Kanada, negara kelas menengah diwakili Argentina, Brazil, Cili, Polandia, Afrika Selatan dan Turki. Negara miskin diwakili India dan Zimbabwe.

Konsumsi alkohol rendah hitungannya adalah tujuh kali minum dalam seminggu, menengak 14 kali untuk wanita dan 21 kali untuk pria dalam seminggu dan tinggi adalah 21 kali dalam seminggu untuk pria dan wanita.