Konsumsi Antibiotik Bisa Terkena Kanker Usus Besar?

Rusmanto
Rusmanto

Konsumsi Antibiotik Bisa Terkena Kanker Usus Besar? ilustrasi

Dampak dari konsumsi antibiotik sembarangan

Pakar kesehatan menyebut konsumsi antibiotik sembarangan akan menyebabkan beberapa dampak kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Demam

Efek samping ini bisa didapatkan setelah mengonsumsi antibiotik, apapun jenisnya. Hanya saja, biasanya antibiotik berjenis sulfonamide, minoskili, ceplafexin, serta beta lactam bisa menyebabkan dampak kesehatan yang lebih buruk.

2. Gangguan pencernaan

Tidak semua orang mengalaminya, namun ada sebagian pasien yang meminum antibiotik berjenis penisilin, cephalosporin, serta fluorokuinolon yang mengalami gejala berupa gangguan pencernaan layaknya diare dan mual-mual.

3. Menjadi lebih sensitif dengan sinar matahari

Biasanya efek samping ini akan terjadi setelah kita mengonsumsi antibiotik berjenis tetraskilin. Hanya saja, tidak semua orang akan mengalaminya.

Selain itu, ada beberapa efek samping lain yang bisa didapatkan setelah mengonsumsi antibiotik layaknya peradangan pada bagian tendon, kejang-kejang, masalah pada jantung, hingga munculnya reaksi alergi layaknya gangguan pernapasan, gatal-gatal, dan pembengkakan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "Antibiotik Bisa Picu Kanker Usus Besar?"
 

Apa Reaksi Kamu?