Konsumsi Bawang Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?
ilustrasi

Konsumsi Bawang Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara?

Minggu, 8 Des 2019 | 06:17 | Rusmanto
Winnetnews.com - Selain untuk menyedapkan makanan, bawang bombay dan bawang putih juga dikenal sebagai obat. Makan bawang putih mentah misalnya membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah. Tidak hanya itu, studi terbaru menunjukkan bahwa makan bawang rutin memiliki khasiat yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Namun, benarkah demikian? Yuk, cari tahu kebenarannya pada ulasan berikut ini.

Benarkah makan bawang bisa turunkan risiko kanker payudara?

image0

Bawang mengandung berbagai senyawa aktif yang menyehatkan tubuh.

Senyawa pada bawang tersebut baru-baru ini diteliti khasiatnya oleh ilmuwan dari University of Puerto Rico. Studi ini mengamati hubungan antara bawang dengan penyakit kanker payudara.

Ilmuwan memilih partisipan yang tinggal di Puerto Rico karena jumlah pengidap kanker payudaranya lebih rendah dibanding wilayah lain di Amerika Serikat atau Eropa.

Alasannya, partisipan di wilayah tersebut cenderung mengonsumsi  bawang-bawangan lebih banyak, salah satunya dari masakan dengan bumbu sofrito.

Penelitian ini melibatkan 314 wanita dengan kanker payudara dan 346 wanita sehat usia 30 hingga 76 tahun.

Selama 6 tahun pengamatan, hasil studi menunjukkan wanita yang makan makanan berbumbu sofrito lebih dari sekali sehari mengalami penurunan 67% risiko kanker payudara dibanding wanita yang tidak memakannya.

Khasiat makan bawang untuk menurunkan risiko kanker payudara ini kemungkinan besar berasal dari flavonol dan organosulfur. Keduanya diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang bisa mencegah perkembangan sel-sel kanker.

Sayangnya studi ini masih memiliki banyak keterbatasan, di antaranya masih dilakukan dalam skala kecil.

Kemudian, penelitian ini juga belum memperkirakan banyaknya jumlah bawang yang dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...