Konsumsi Buah Saat Hamil Bisa Bantu Perkembangan Otak pada Janin
ilustrasi

Konsumsi Buah Saat Hamil Bisa Bantu Perkembangan Otak pada Janin

Jumat, 3 Jul 2020 | 09:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Perkembangan janin di dalam kandungan tentu sangat bergantung pada setiap makanan yang ibu konsumsi. Agar janin bisa tumbuh dengan baik, dibutuhkan asupan makanan dengan gizi yang seimbang. 

Salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan oleh dokter adalah buah-buahan. Menurut sebuah penelitian, rutin konsumsi buah saat hamil akan membantu perkembangan kognitif otak pada janin.

Buah-buahan dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada janin

image0

Sebuah studi lanjutan dari penelitian oleh tim dari Universitas Alberta yang telah dilakukan pada tahun 2016 memaparkan ibu hamil yang makan lebih banyak buah dapat mempercepat perkembangan kognitif pada janin yang dikandungnya.

Pada studi sebelumnya, ditemukan bahwa konsumsi buah saat hamil dapat mempengaruhi kemampuan kognitif bayi hingga satu tahun setelah kelahiran.

Meski temuan tersebut menjadi kabar baik, sayangnya penelitian belum menunjukkan keunggulan konsumsi buah untuk perkembangan kognitif janin secara spesifik jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

Oleh karena itu, penelitian lanjutan pun dilakukan untuk memastikan pengaruh buah terhadap keadaan kognitif janin.

Penelitian dijalankan dengan melakukan uji coba pada sekumpulan tikus hamil. Hasilnya, tikus-tikus yang lahir dari induk yang diberi asupan jus sari buah menunjukkan performa yang lebih baik pada tes memori.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...