Konsumsi Cokelat Bisa Cegah Penyakit Jantung?

Rusmanto
Rusmanto

Konsumsi Cokelat Bisa Cegah Penyakit Jantung? ilustrasi

Winnetnews.com -  Cokelat dikenal luas sebagai camilan yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya rasanya yang manis, cokelat juga disebut-sebut bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Hanya saja, apakah benar jika makan cokelat bisa membantu mencegah datangnya penyakit jantung? Berikut adalah fakta yang terkait dengan hal ini.

Dampak Makan Cokelat bagi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menghasilkan fakta tentang kebiasaan makan cokelat. Bagi orang berusia paruh baya atau berusia lanjut, mengonsumsi 3,5 ons cokelat setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. 

Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kebiasaan makan, termasuk makan cokelat dari 21.000 warga kawasan Norfolk, Inggris, selama 11 tahun.

Di akhir masa penelitian ini, 12 persen partisipan yang rutin makan cokelat meninggal atau mengalami masalah kardiovaskular. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan 17,4 persen kasus kematian dini atau mengalami masalah kardiovaskular pada partisipan yang tidak mengonsumsi cokelat.

Meskipun begitu, pakar kesehatan Howard LeWine, MD dari Harvard Health menyebut hanya dengan makan cokelat tidak serta merta akan membuat risiko terkena penyakit jantung menurun. 

Kita harus benar-benar menerapkan gaya hidup lebih sehat seperti dengan melakukan diet dengan gizi seimbang, tidur cukup, tidak merokok, dan rajin berolahraga. Jika kita mengombinasikannya dengan rutin makan cokelat, maka risiko untuk terkena penyakit jantung bisa ditekan lebih rendah.

Apa Reaksi Kamu?