Konsumsi Pisang Setiap Hari, Manfaatnya Luar Biasa Loh untuk Tubuh

Konsumsi Pisang Setiap Hari, Manfaatnya Luar Biasa Loh untuk Tubuh Ilustrasi pisang (foto-Istimewa)

WinNetNews.com - Siapa yang tidak tahu dengan pisang. Buah dengan kulit berwarna kuning ini begitu populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang manis sangat lezat untuk dikonsumsi.

Bukan hanya orang dewasa, buah ini juga sangat digemari oleh anak kecil. Tetapi, tak banyak orang yang suka makan pisang setiap hari.

Padahal, dengan mengonsumsi pisang satu setiap hari dapat memberikan manfaat luar biasa dalam tubuh. Zat potasium misalnya, sangat berguna untuk tubuh.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman Manukafeed.com, Sabtu (22/9/2018), berikut 5 hal yang akan terjadi jika setiap hari makan pisang:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah hal yang dapat membunuh manusia secara diam-diam. Tekanan darah tinggi bisa mengarah pada penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan gangguan pada otak.

Oleh karenanya, Anda diminta untuk menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi zat potasium. Faktanya, pisang adalah buah-buahan yang kaya akan zat itu.

Dalam satu buah pisang mengandung rata-rata 12 persen potasium. Bahkan Harvard School of Public Health merekomendasikan mengonsumsi pisang agar Anda terbebas dari tekanan darah tinggi.

2. Kontrol Nafsu Makan

Pisang kaya akan serat. Ukuran pisang rata-rata mengandung hingga 12 persen dari nilai serat harian.

Diet kaya serat memiliki banyak manfaat. Ini membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, menormalkan gerakan usus, mengendalikan gula darah dan membantu dalam mencapai berat badan yang sehat.

Selanjutnya, serat memperlambat pencernaan. Akibatnya, Anda merasa kenyang lebih lama setelah Anda makan. Jika Anda ingin memotong kalori dan menurunkan berat badan, ini adalah solusi untuk Anda.

 3. Pencegah Penyakit Kanker

Salah satu manfaat pisang yang luar biasa adalah pencegahan kanker. Penelitian yang dilakukan oleh Institut Amerika untuk Penelitian Kanker menunjukkan bahwa serat makanan dapat menurunkan risiko kanker kolorektal.

Selain itu, vitamin C, diyakini mampu menurunkan risiko kanker esophagus. Pisang mengandung sekitar 17 persen dari nilai harian vitamin C.

4. Penganti Minuman Berenergi

Sebelum beraktivitas atau berolahraga biasa para lelaki akan mengonsumsi minuman berenergi.

Penelitian yang dilakukan oleh Appalachian State University menyimpulkan bahwa makan pisang sebelum atau pertengahan latihan membantu memperlancar kinerja.

Karbohidrat yang tersedia dalam pisang dapat diubah dengan cepat menjadi energi. Selanjutnya, potasium dapat membantu mencegah dehidrasi.

5. Tulang Kuat

Potasium membuat pisang menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin membangun tulang yang lebih kuat. Studi menunjukkan bahwa makanan kaya kalium dapat secara signifikan mengurangi pengeroposan tulang. Selain itu, pisang dapat membantu mencegah osteoporosis.