Konsumsi Protein Membantu Penuruan Berat Badan Secara Efektif

Rani
Rabu, 02 September 2015 18:56 WIB
Oleh Rani pada Rabu, 02 September 2015 18:56 WIB
Image Konsumsi Protein Membantu Penuruan Berat Badan Secara Efektif

wingamers.com - Protein merupakan zat yang berperan sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan otot. Otot memiliki peran sebagai mesin pembakar kalori. Oleh sebab itu protein sangat membantu dalam penurunan berat badan yang efektif.

Penurunan berat badan secara efektif dapat dilakukan dengan cara menambah asupan kalori sebanyak dua kali lipat dari jumlah asupan kalori yang direkomendasikan. Hal ini akan membantu menurunkan berat badan secara efektif tanpa harus kehilangan massa otot. Jika masaa otot berkurang, maka proses pembakaran kalori dalam tubuh pun menjadi lebih lambat.

Dilansir dari situs kompas, dalam sebuah riset yang diterbitkan di jurnal The FASEB, periset mengumpulkan 39 pasien dalam program penurunan berat badan lebih dari 31 hari. Awalnya, semua peserta penelitian diberi pola makan sama untuk menjaga berat badan awal.

Setelah 10 hari mereka dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok pembatasan kalori yang makan protein berdasarkan rekomendasi harian, kelompok yang makan dua kali dari rekomendasi harian dan kelompok yang makan tiga kali rekomendasi harian protein. Mereka berolahraga agar berat badan rata-rata turun sekitar sekilo seminggu.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa, mereka yang makan dua kali protein mampu menurunkan lemak tanpa kehilangan massa otot, ketika berolahraga sambil mengatur pola makan. Peserta penelitian yang makan tiga kali protein tidak mengalami penurunan berat badan lebih dari kelompok dua kali asupan rekomendasi harian. Kesimpulannya penambahan asupan kalori sebanyak dua kali lipat dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat.

Setelah berhasil menurunkan berat badan hingga mendapatkan postur tubuh yang ideal, sangat disarankan untuk tetap menjaga pola makan sehat dan seimbang, agar usaha menurunkan berat badan yang diperjuangkan selama ini tidak menjadi sia-sia. Sebagai informasi, bahwa setiap orang memiliki jumlah rekomendasi asupan kalori yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh berapa berat badan dan seberapa berat aktivitas fisik yang dilakukan oleh tubuh seseorang. (rk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Bagi Ronaldo Ini Merupakan Gelar Juara Liga Champion ke-5

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.