Konsumsi Rumah Tangga Topang Ekonomi AS

Muchdi

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Konsumsi Rumah Tangga Topang Ekonomi AS

WinNetNews.com - Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Hal itu didukung dari belanja rumah tangga lebih kuat sehingga membantu dari ekspansi melambat akibat pelemahan ekonomi global.

Pertumbuhan ekonomi alami kenaikan 1,4 persen dari perkiraan sebelumnya 1 persen. Hal itu berdasarkan laporan Departemen Perdagangan pada akhir pekan ini. Pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi mencapai dua persen.

Berdasarkan survei Bloomberg kepada 73 ekonom, pertumbuhan ekonomi hanya satu persen pada kuartal IV 2015. Pada 2015, ekonomi AS tumbuh 2,4 persen. Angka pertumbuhan kuartal IV ini tercermin dari biaya dihabiskan pada layanan terutama rekreasi dan transportasi.

 

Sementara itu, tingkat konsumsi rumah tangga menyumbang hampir 70 persen dari laju tahunan ekonomi naik 2,4 persen. Ada pun konsumsi pribadi mencapai 1,6 poin persentase pertumbuhan.

"Ini benar-benar konsumen Amerika Serikat yang memotori ekonomi global ke depan. Ada tekanan pada bisnis seiring dolar AS yang menguat, meningkatnya biaya tenaga kerja dan produksi yang melambat," ujar Ekonom PNC Financial Services Group Inc Gus Faucher.

Laporan itu juga menunjukkan kalau keuntungan perusahaan turun pada 2015, dan terendah dalam tujuh tahun. Laba sebelum pajak turun 7,8 persen, dan terbesar sejak kuartal I 2011.

 

Keuntungan di AS melemah 3,1 persen pada 2015. Hal beban dari produktivitas lemah, biaya tenaga kerja meningkat dan harga energi tertekan.

"Jika keuntungan tetap tertekan maka belanja modal dan perekrutan pegawai akan datang di bawah tekanan besar," kata Sam Bullard, Ekonom Wells Fargo Securities.

Meski demikian, penguatan pasar tenaga kerja mendukung stabil permintaan rumah tangga AS. Pengusaha menambahkan 242 ribu pekerja untuk Februari. Tingkat pengangguran bertahan di level terendah 4,9 persen.

Sumber dari Liputan6, Jakarta

Foto: Andri Wiranuari

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...