Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Kanker Paru
ilustrasi

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Kanker Paru

Selasa, 29 Okt 2019 | 18:38 | Rusmanto
Winnetnews.com - Yoghurt dikenal luas sebagai salah satu makanan yang cocok bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Hanya saja, penelitian terbaru justru menunjukkan tentang manfaat lain yang disediakan oleh yoghurt, yakni bisa membantu menurunkan risiko kanker paru.

Yoghurt Menurunkan Risiko Kanker Paru

Tak hanya tinggi kandungan protein, kalsium, dan bakeri baik, dalam realitanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Vanderbilt University Medical Center yang ada di kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsinya bisa menurunkan risiko kanker paru hingga 20 persen. Jika konsumsi yoghurt dikombinasikan dengan makanan tinggi serat, risiko ini bahkan bisa diturunkan sampai lebih dari 30 persen!

Probiotik yang ada di dalam yoghurt tak hanya akan mendukung fungsi pencernaan. Dalam realitanya, kandungan ini memiliki sifat anti peradangan dan mampu melawan perkembangan sel-sel kanker.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul JAMA Oncology ini, para peneliti mengecek 10 penelitian sebelumnya dilakukan di Amerika, Eropa, serta Asia. Total, 1,44 juta data partisipan dilibatkan dalam penelitian ini.

Data ini dikumpulkan dan dicek untuk mengetahui seberapa banyak asupan serat dan yoghurt yang dikonsumsi para partisipan. Para peneliti juga mengecek seberapa banyak orang yang mengidap kanker paru. Hasilnya adalah, rutin makan yoghurt satu cangkir saja setiap hari sudah bisa menurunkan risiko kanker paru hingga 19 persen.

Sementara itu, jika kita rutin mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, gandum, dan sejenisnya bisa membantu menurunkan risiko kanker paru hingga 15 persen. Jika kita mengombinasikan yoghurt dengan makanan berserat tinggi, risiko ini bisa ditekan hingga 33 persen!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...