(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kopi Bikin Tulang Keropos? Ya atau Tidak?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Kopi Bikin Tulang Keropos? Ya atau Tidak? Foto: Pexels

WinNetNews.com - Minum kopi banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang dalam beberapa penelitian observasional. Namun, penelitian lain tidak menemukan kaitan seperti itu.

"Saya tidak akan mengkhawatirkannya," kata Dr Robert R Recker, direktur Pusat Penelitian Osteoporosis di Creighton University di Omaha. "

"Studi nasional yang besar di berbagai negara menemukan tidak ada bukti adanya peningkatan fraktur akibat kopi," kata Recker, seorang ahli endokrinologi.

Misalnya, sebuah penelitian Swedia berbasis populasi, yang melibatkan lebih dari 61.000 wanita yang diikuti selama kurang lebih 20 tahun, ditemukan pada tahun 2013 bahwa minum empat cangkir kopi atau lebih setiap hari dikaitkan dengan keroposnya kepadatan tulang, namun tidak terkait dengan Peningkatan risiko patah tulang.

Tahun ini, sebuah tinjauan sistematis yang dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Toxicology menyimpulkan bahwa bahkan sampai delapan cangkir kopi setiap hari tidak ada kaitannya dengan perhatian yang signifikan mengenai risiko patah tulang dan jatuhnya, terutama pada orang dewasa sehat yang mendapatkan cukup kalsium.

Institut Kesehatan Nasional AS merekomendasikan agar wanita berusia 51 sampai 70 mendapatkan 1.200 miligram kalsium per hari, dan pria seusianya mendapatkan 1.000 miligram.

"Bisakah minum kopi menyebabkan kehilangan kalsium? Memang benar bahwa saat orang meningkatkan konsumsi kafein, kalsium dalam urin mereka juga meningkat," kata Connie M Weaver, profesor gizi di Universitas Purdue, seperti dikutip dari TIME.

Namun, semakin banyak kalsium yang hilang karena buang air kecil, semakin banyak orang akan menyerap dari sumber kalsium apa pun yang mereka konsumsi, kata Weaver, seorang penasehat ilmiah berbayar untuk Pharmative, pembuat suplemen.

Jadi satu-satunya peminum kopi, kamu hanya perlu khawatir dengan kalsium yang hilang saat kamu buang air kecil. Karena kalsium hilang terbawa urin. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});