Kopi Dingin atau Panas? Manakah Yang Lebih Sehat ?

Kopi Dingin atau Panas? Manakah Yang Lebih Sehat ?

Membahas soal kopi, masing-masing orang memiliki selera tersendiri dalam mengkonsumsinya. Ada yang lebih suka kopi panas, ada juga yang lebih suka kopi dingin. Tapi tak jarang pula yang menyukai keduanya.

Tapi dalam masalah manfaat kesehatan, mana di antara kopi panas dan kopi dingin yang lebih meyehatkan? Melansir laman dreamersradio, ternyata ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kopi dingin dinilai lebih sehat diabandingkan kopi panas.

Kopi yang dibuat dingin diklaim tak memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dibanding kopi panas. Kandungan asam pada kopi dingin dua pertiga lebih rendah dibanding kopi panas biasa. Penyebabnya, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam pekat dari kopinya.

Yang bahaya adalah jika kopi panas dinikmati oleh penderita mag atau lambung yang lemah. American Heartburn Alliance melaporkan bahwa 75 persen penderita mag merasa tak nyaman dengan minum kopi panas.

Keluhan serangan mag yang datang dan rasa mulas yang terjadi setelah menikmati secangkir kopi memang biasa dialami. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan asam dalam lambung. Namun hal ini juga dikaitkan dengan adanya penyakit asam lambung dan kanker kerongkongan.

Kopi dingin, selain dinilai lebih aman untuk perut, juga aman untuk penampilan. Seperti diketahui, kopi berpotensi membuat gigi jadi menguning. Namun, kopi dingin diklaim aman dan tak membuat gigi jadi kuning, sekalipun dikonsumsi dalam jangka waktu lama.