Kopi Garutan Punya Potensi Go Internasional

Kopi Garutan Punya Potensi Go Internasional

WinNetNews.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik. Sebagai bentuk kepedulian terhadap tanaman perkebunan yang banyak disukai masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk mrndorong pengembangan komoditas kopi di Jawa Barata. Pemprov Jawa Barat menilai salah satu kopi yang memiliki potensi besar go internasional adalah kopi garutan.

Baca juga: 4 Sebab yang Bikin Jantung Kamu Berdebar Setelah Minum Kopi

Komitmen Pemprov Jawa Barat tersebut diwujudkan dalam bentuk pemberian bibit kopi kepada para petani kopi. Pemerintah setempat menargetkan dari 2014 hingga 2017 bisa memberikan bibit kopi melalui program pembibitan hingga 6 juta bibit. Rinciannya, pada 2014 dibagikan 1 juta bibit, pada 2015 diberikan 2 juta bibit kopi dan tahun ini ada 2 juta bibit, sedangkan tahun depan 1 juta bibit.

Selama ini kopi garutan memiliki potensi yang sangat luar biasa, namun sayangnya belum dikembangkan secara optimal. Kopi ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. Bahkan, kopi robusta dan kopi arabica yang dihasilkan disana menjadi perhatian dari para penggemar kopi.

Baca juga: Van Gogh Koffie, Tawarkan Cita Rasa Kopi Yang Sesungguhnya

Tak hanya membagikan bibit kopi, pemerintah juga memberikan bantuan melalui perbankan, seperti OJK, BI, Bank bjb, BNI, BRI dan lain-lain untuk memudahkan akses permodalan kepada para petani kopi di sana.

dengan kehadiran perbankan di daerah, tentu akan memudahkan para petani untuk mengakses pembiayaan di perbankan. Apalagi, hingga saat ini para petani kopi banyak yang terjerat dengan ijon dan para spekulan saat membutuhkan pembiayaan.