Kopi Kenangan Bakal Head-to-Head Lawan Starbucks? Ini Kata Pengamat
Kopi Kenangan dapat kucuran dana dari rapper Amerika Serikat (AS), Jay-Z dan petenis Serena Williams. [Foto: Djawanews.com]

Kopi Kenangan Bakal Head-to-Head Lawan Starbucks? Ini Kata Pengamat

Kamis, 26 Des 2019 | 17:59 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Setelah mendapatkan kucuran dana dari perusahaan ventura milik Jay-Z dan Serena Williams, Kopi Kenangan akan berekspansi membuka 1.000 gerai dan siap menyaingi Starbucks.

Apakah bisa Kopi Kenangan menyaingi Starbucks? Apa saja yang harus dilakukan?

Pakar Pemasaran sekaligus pendiri Markplus Hermawan Kartajaya menjelaskan dalam dunia pemasaran, Kopi Kenangan harus memperkuat Produk Domestik Bruto (PDB).

"Yang penting itu PDB, yaitu Positioning, Differentiation and Branding," kata dia seperti dikutip Detik.com, Kamis (26/12).

Dia mengungkapkan keunikan akan menciptakan positioning yang pas. Kemudian kekuatan akan membuat differentiation akan membuat branding atau merk yang bagus.

"Hal itu semua harus dilakukan, jika melawan Starbucks dengan cara yang sama maka itu adalah bunuh diri," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan Kopi Kenangan mendapatkan suntikan modal. Tambahan pendanaan tersebut didapatkan Kopi Kenangan antara lain dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation milik rapper Jay-Z, Serena Ventures milik atlet ternama Serena Williams, pebasket ternama Caris LeVert, serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Sequoia India, yang memimpin pendanaan Series A senilai US$ 20 juta (Rp 280 miliar) pada Juni lalu, juga berpartisipasi dalam penggalangan pendanaan kali ini.

"Kami terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis," ujar salah satu Pendiri dan Presiden Arrive Neil Sirni dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

"Hanya dalam dua tahun, mereka berhasil meluaskan jaringan mereka ke 18 kota, memiliki 200 gerai dan mempekerjakan 1.800 pegawai. Kami bangga dapat menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan dalam upaya mereka memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia," tambahnya.

Produk lokal harus diutamakan jika ingin melawan perusahaan asing.

Pakar Pemasaran sekaligus pendiri Markplus Hermawan Kartajaya menjelaskan selain strategi-strategi pemasaran untuk melawan Starbucks, Kopi Kenangan harus menggunakan produk lokal.

"Justru (Kopi Kenangan) memang harus pakai kopi lokal dan racikan lokal supaya otentik," kata Hermawan.

Dia mengungkapkan, Kopi Kenangan juga harus terus mengembangkan produk, kualitas sampai strategi pemasaran karena saat ini belum mengantongi profit.

"Tahun 2020 seharusnya sudah bisa mencapai profitable growth," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, tambahan pendanaan tersebut didapatkan Kopi Kenangan antara lain dari Arrive, salah satu perusahaan di bawah Roc Nation milik rapper Jay-Z, Serena Ventures milik atlet ternama Serena Williams, pebasket ternama Caris LeVert, serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Sequoia India, yang memimpin pendanaan Series A senilai US$20 juta (Rp280 miliar) pada Juni lalu, juga berpartisipasi dalam penggalangan pendanaan kali ini. [dtc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...