Koreksi Cara Menyikat Gigi, Apakah Sudah Benar?

Koreksi Cara Menyikat Gigi, Apakah Sudah Benar?

Jumat, 28 Jun 2019 | 07:00 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Kamu pasti berpikir cara menyikat gigi yang kamu lakukan selama ini sudah benar. Apakah selama ini kamu beranggapan semakin keras kamu menggosok gigi, maka gigi akan semakin kinclong? Kamu ingin gigi yang putih sehingga menggunakan pasta gigi pemutih banyak-banyak?  Seperti itulah beberapa pemahaman yang selama ini kita praktikkan.

Padahal itu semua salah kaprah. Para pakar sudah menjelaskannya. Berikut ini cara yang seharusnya diterapkan dalam menyikat gigi seperti dikutip dari Medical Daily.

1. Gunakan pasta gigi seukuran kacang

Menurut dokter gigi, pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong harus cukup untuk satu sesi menyikat gigi. Selain itu, anak-anak di bawah usia tiga tahun harusnya menggunakan pasta gigi yang ukurannya lebih kecil, sekitar seukuran sebutir beras.

"Fluoride memang punya manfaat yang luar biasa tetapi perlu digunakan dengan hati-hati," kata Dr. Mary Hayes, seorang dokter gigi anak yang berbasis di Chicago. Ia menambahkan Mineral alamilah yang sesungguhnya memainkan peranan penting dalam mengurangi proses gigi berlubang.

Kesimpulannya, lebih banyak pasta gigi tidak lantas menjadikan gigi lebih bersih. Ternyata, banyak dari kita yang telah berlebihan menggunakan pasta gigi.

2. Sikat gigi selama 2 menit

Dua menit adalah waktu yang cukup untuk menyikat gigi. Pastikan untuk menggerakkan sikat gigi ke berbagai arah agar mencapai setiap bagian mulut. Gumpalan besar pasta gigi akan menghasilkan busa yang terlalu banyak, sehingga sulit untuk menyikat dengan benar dan melakukannya dalam jumlah waktu yang tepat.

"Faktanya, kita meludahkan sebagian besar pasta gigi yang kebanyakan ini. Busa yang berlebih memenuhi mulut kita dan juga bisa membuat kita berhenti menyikat gigi lebih cepat dari yang seharusnya," tulis Dr. Christopher Chamberlin dalam situs pribadi resminya drchamberlin.com, seorang dokter gigi yang berbasis di Boulder, Colorado.

3. Jangan menyikat gigi terlalu keras

Beberapa orang pasti berpikir dengan menyikat gigi keras-keras bisa membantu membersihkan gigi dalam waktu yang lebih singkat. Padahal tidak demikian. Sebaliknya, terlalu banyak gesekan dapat merusak gigi dan melukai gusi. Jika selama ini kamu telah mengganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan karena  gesekan sikat gigi yang berlebihan, itu pertanda bahwa cara menyikat gigi kamu terlalu keras.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...