Korut Bakal Luncurkan Rudal Balistik Kembali

Korut Bakal Luncurkan Rudal Balistik Kembali

Selasa, 26 Apr 2016 | 17:18 | Wahyu
Winnetnews.com – Korea utara saat ini tengah menyiapkan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah, sebagai protes latihan gabungan yang dilakukan antara Amerika dan Korea Selatan.

Meski korut baru saja meluncurkan rudal balistik lewat kapal selam, dan menerima banyak kecaman, tapi pemerintah Kim Jong Un tetap berencana akan meluncurkan uji coba rudal balistiknya.

Dilansir dari reuters, pada 15 April lalu, Korut gagal meluncurkan rudal Musudan, yang memiliki jarak jangkauan lebih dari 3 ribu kilometer. Ini artinya, jika rudal itu berhasil diluncurkan, rudal tersebut bisa menjangkau Jepang dan secara teori, juga bisa menjangkau Guam yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Korut juga telah melakukan uji coba nuklir, dan roket jarak jauh. Dimana kedua hal tersebut merupakan pelanggaran resolusi PBB. Sementara itu, para analis menyebut, kegagalan pada 15 April itu merupakan pukulan mematikan bagi pemimpin Korut saat ini, Kim Jong Un, cucu dari Kim Il Sung.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kim Jong Un telah mengklaim beberapa kemajuan dalam teknologi senjata, dan diperkirakan akan memerintahkan uji coba nuklir kelima dalam waktu dekat.

Sedangkan, juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Moon Sang-gyun tak bersedia mengkonfirmasi pemberitaan Yonhap tersebut. Namun dikatakannya, militer Korut akan butuh waktu untuk memperbaiki masalah menyusul gagalnya peluncuran rudal sebelumnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...