Kota Kuno Honduras yang hilang diungkap rahasianya

Kota Kuno Honduras yang hilang diungkap rahasianya

Jumat, 19 Agt 2016 | 19:00 | Rike
WinNetNews.com - Setahun setelah penemuan artefak misterius, arkeolog berupaya cari lebih banyak petunjuk terkait peradaban di kota Honduras yang hilang.

Dalam satu abad, penjelajah dan penyelidik di Honduras menceritakan kisah benteng putih dari kota yang hilang dimana tersembunyi di antara dedaunan hutan. Cerita rakyat tersebut mengisahkan mengenai adanya “rumah putih” yang jadi tempat bangsa Indian bersembunyi dari penakluk dari Spanyol. Kisah rumah putih yang tersembunyi di hutan memang menjadi legenda di kalangan rakyat, tapi ada “kota yang hilang” sungguhan yang telah ditemukan di sana. Kota tersebut dilengkapi piramida tanah, alun-alun, dan artefak-artefak batu yang tersembunyi.Tim arkeolog umumkan penemuan sisa-sisa kota kuno itu di Mosquita, wilayah terpencil di Honduras bagian timur Maret lalu. Objek-objek batu, termasuk patung jaguar,dibiarkan tidak tersentuh di bawah perlindungan militer hingga ekspedisi kedua dilakukan. Tujuannya, supaya penggalian yang dilakukan benar-benar terencana dan artefak-artefak bisa dikelola hati-hati.

Tim arkeologi yang dipimpin Christopher Fisher dari Colorado State University bakal menghabiskan waktu sebulan penuh untuk melakukan ekskavasi. Tim ini mendapat hibah dari National Geographic Society serta didukung penuh dari pemerintah Honduras."Kami berharap untuk mencari tahu apa budaya yang ada di sini," ucap Virgilio Paredes, Direktur Antropologi dan Sejarah Institut Honduras.

Paredes menyebut, tim investigator mulai membuat rencana strategis untuk memperluas area pencarian mereka. Situs yang ditemukan di ekspedisi Maret lalu hanyalah satu dari tiga situs di wilayah tersebut yang terungkap berdasarkan survei udara memakai teknik pencitraan yang disebut lidar. Malahan, para arkeolog percaya bahwa La Mosquitia bukan hanya satu “kota hilang”, namun “banyak kota hilang” yang jika digabungkan, akan menampilkan hal yang jauh lebih penting: peradaban yang hilang.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...