Kota yang Paling Lama Alami Gerhana Matahari

Kota yang Paling Lama Alami Gerhana Matahari

Senin, 25 Jan 2016 | 15:47 | Liani
WinNetNews.com - Indonesia akan dilalui fenomena langka gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 mendatang. Kota Maba di Halmahera Timur pun akan menjadi kota terbaik untuk melihat gerhana.

Jelang fenomena gerhana matahari yang akan jatuh Maret mendatang, mungkin traveler akan bertanya perihal kota terbaik di Indonesia untuk menyaksikannya. Menurut Ketua Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (Lapan), Profesor Thomas Djamaluddin, Kota Maba di Halmahera Timur akan menjadi kota terbaik untuk melihat gerhana matahari total.

"Daerah yang mengalami gerhana paling lama di Maba, Haltim, 3 menit lebih 15 detik," ujar Thomas pada konferensi pers Gerhana Matahari Total di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Baca Juga: Pemerintah Kota Balikpapan Gelar Nobar Gerhana Matahari Total

Dengan durasi gerhana matahari total sekitar 3 menit dan 15 menit, Kota Maba pun akan menjadi yang paling lama apabila dibandingkan dengan kota lainnya di Indonesia. Oleh sebab itu, Maba pun akan menjadi salah satu destinasi terbaik untuk melihat gerhana.

Namun walau begitu, masih sedikit sekali info wisata tentang Maba di Halmahera Timur. Menpar pun mengatakan, bahwa kesempatan langka tersebut tidak boleh disia-siakan. Bahwa sejatinya fenomena gerhana matahari total yang berlangsung hingga tiga menit di Maba dapat menjadi peluang untuk promosi Pulau Halmahera.

"Poin saya, kesempatan ini kesempatan buat Maba dan Halmahera untuk mempromosikan wisatanya," imbau Menpar Arief Yahya.

Dilansir dari laman detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...