KPK Kecewa, Roadshow 'Pengamanan' Novel Gagal

KPK Kecewa, Roadshow 'Pengamanan' Novel Gagal

Selasa, 2 Feb 2016 | 09:51 | Rusmanto
WinNetNews.com - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku kecewa karena roadshow ke semua instansi penegak hukum dalam rangka mengajak melawan koruptor dengan membatalkan penuntutan kepada penyidiknya Novel Baswedan gagal.

“Kunjungan itu tak membuahkan hasil, justru buktinya kasus Novel pun tetap bergulir. Kenyataannya seperti saudara lihat," tutur Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (2/2/2016).

Rencananya, Pengadilan Negeri akan menggelar sidang perdana pidana umum untuk penyidik KPK Novel Baswedan pada 12 Februari 2016. Berkas dakwaan beserta barang bukti kasus Novel Baswedan usdah diterima Pengadilan Negeri Bengkulu dari tim jaksa penuntut umum pada Jumat (29/1).

 

Untuk barang bukti ada tiga pistol, satu proyektil peluru, buku panduan penggunaan pistol dan lainnya. Pada sidang nantinya, tim JPU akan menghadirkan sekira 26 saksi, dan sekaligus akan menghadirkan tersangka, yakni Novel Baswedan di persidangan.

Novel Baswedan menjadi tersangka perkara penganiayaan berat terhadap pencuri sarang burung walet di Bengkulu pada 2004, sewaktu menjabat Kasat Reskrim Kepolisian Resor Kota Bengkulu. Novel didakwa dengan pasal 351 dan 422 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Pasal 351 tentang penganiayaan berat, sedangkan pasal 422 tentang menggunakan sarana atau paksaan, baik untuk memeras pengakuan atau mendapatkan keterangan.

Jika terbukti melanggar dua pasal tersebut, hukumannya bisa mencapai sembilan tahun kurungan.

disadur dari situs rimanews(dot)com

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...