KPK Mantap Kebut Kasus RJ Lino

KPK Mantap Kebut Kasus RJ Lino

Selasa, 26 Jan 2016 | 14:06 | kontributor

WinNetNews.com - Hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Udjiati, menyatakan KPK berwenang mengangkat penyelidik dan penyidik sendiri. Atas dasar itu, KPK lebih mantap untuk mengebut kasus RJ Lino.

"Tadi kan putusan menyatakan semua penyidik KPK sah sesuai dengan UU yang berlaku. Saya tidak berbicara putusan praperadilan sebelumnya. Apakah putusan ini bisa jadi yurisprudensi tapi kan kita tidak menganut asas yurisprudensi. Tapi kan hakim punya pendirian masing-masing," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di PN Jaksel, Jl Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2015).

Alex pun mengaku senang dengan putusan hakim itu. Putusan hakim Udjiati semakin menguatkan dasar KPK untuk mengangkat penyelidik dan penyidik sendiri.

Baca: Hari ini Sidang Putusan Praperadilan RJ Lino Digelar

Sementara itu, pasca putusan praperadilan ini, Alex mengatakan akan mengebut penanganan kasus RJ Lino. Ditargetkan, perkara Lino bisa segera dilimpahkan ke pengadilan.

"Terkait keabsahan penyidik dalam kasus ini penyidiknya sudah dianggap sah. Kita akan pelajari seluruh putusan ini. Intinya perkara akan dilanjutkan," tegas Alex.

Sebelumnya, Hakim Udjiati tidak menerima gugatan praperadilan yang diajukan RJ Lino. Dalam pertimbangannya, Udjiati menyatakan bahwa semua upaya hukum yang dilakukan KPK sah termasuk mengangkat penyelidik dan penyidik sendiri.

"Penyelidik adalah penyelidik pada KPK yang diangkat dan diberhentikan oleh pimpinan KPK, dengan demikian sepanjang penyelidik yang melakukan penyelidikan atas perkara yang ditangani KPK adalah penyelidik yang diangkat oleh pimpinan KPK berdasarkan surat keputusan pimpinan KPK maka sah," kata Hakim Udjiati saat membacakan pertimbangan putusan.

"Mengenai pernyataan pemohon yang menyatakan bahwa tertutup peluang bagi KPK untuk mengangkat penyelidik dan penyidik sendiri, hakim berpendapat bahwa tidak ada pernyataan resmi dalam UU yang melarang KPK untuk mengangkat penyelidik dan penyidiknya sendiri," tegas Udjiati.

Sumber: Detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...