KPK Respons Laporan Dugaan Korupsi yang Seret Gibran dan Kaesang

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 14 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

KPK Respons Laporan Dugaan Korupsi yang Seret Gibran dan Kaesang
Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri

Winnetnews.com -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan menerima laporan terkait dugaan korupsi yang melibatkan dua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Selanjutnya, KPK akan terlebih dahulu memverifikasi dan menelaah data-data laporan tersebut.

"Terkait laporan tersebut kami terima benar bahwa hari ini KPK telah menerima laporan aduan tersebut dan telah diterima di bagian persuratan KPK," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (10/1). 

Ali mengatakan KPK mengapresiasi aksi dari masyarakat yang mengambil peran dalam upaya pemberantasan korupsi. Meski begitu, ia menyebut KPK tetap memerlukan verifikasi atas data-data pelapor.

"Terhadap laporan tersebut ketika akan menindaklanjuti tentu dengan terlebih dahulu dengan verifikasi dan telaah data laporan ini," ujar Ali Fikri.

Ia menjelaskan, data-data tersebut akan diperiksa apakah sesuai dan masuk dalam kewenangan KPK.

"Proses verifikasi dan telaah data ini menjadi pintu awal apakah kemudian aduan tersebut sesuai dengan UU yang berlaku termasuk ranah tindak pidana korupsi dan tentu menjadi kewanangan KPK ataukah tidak," ujarnya.  

Apabila nantinya setelah dilakukan verifikasi dan sesuai dengan kewenangan KPK, maka akan dilanjutkan dengan proses hukum berikutnya.

"Apabila kemudian menjadi kewenangan KPK tentu akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku," ujarnya. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...