Skip to main content

KPK Sita Dokumen dan 10 Ponsel, Hasil Obok-Obok MA

KPK Sita Dokumen dan 10 Ponsel, Hasil Obok-Obok MA
KPK Sita Dokumen dan 10 Ponsel, Hasil Obok-Obok MA

WinNetNews.com - Sejumlah barang maupun dokumen berhasil disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat penggeledahan beberapa ruangan di Mahkamah Agung (MA) perihal penyidikan dugaan kasus penundaan salinan putusan kasasi perkara korupsi pembangunan pelabuhan di Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2007-2008 yang ditangani oleh MA.

Dokumen dan barang yang dimaksud menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati itu adalah dokumen berupa SK (surat keterangan) pengangkatan tersangka. Sementara untuk barang elektronik berupa HP (handphone) sebanyak 10 buah, dengan 3 sim card, 1 external hard disk dan 1 hard disk laptop.

"Dokumen dan barang itu berhasil disita saat melakukan penggeledahan dari pukul 08.30 Wib hingga 11.00 Wib pada ruang kerja tersangka di Gedung MA lantai 5 sekitar 2,5 jam," ujar Yuyuk, Selasa (16/2/2016).

Yuyuk menjelaskan pada Minggu (14/02/2016) KPK juga melakukan penggeledahan di empat tempat berbeda. Tiga tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di empat lokasi. Pertama di dua unit apartemen milik IS (Ichsan Suadi) yang ada di Sudirman Park. Kemudian dua unit rumah tempat kediaman ATS (Andri Tristianto Sutrisna) di kawasan Gading Serpong dan perumahan di kawasan Tangerang.

Dari penggeledahan itu, lanjut Yuyuk, penyidik KPK menyita sejumlah dokumen dan barang elektronik.

"Ada (juga) 400 juta rupiah yang ditemukan dalam ‘paper bag’ di rumah ATS, uang di dalam satu koper dengan uang-uang yang lain yang jumlahnya 500 juta rupiah dalam satu koper. Saat ini KPK akan mendalami soal uang dalam koper itu, kita tunggu pemeriksaan lanjutan," pungkasnya.

Dalam kasus ini, KPK sudah menahan tiga orang tersangka. Dua tersangka, yakni Kasubdit Kasasi dan Peninjauan Kembali MA, Andri Tristianto Sutrisna, dan pengacara Awang Lazuardi Embat ditahan di Polres Jakarta Pusat. Sedangkan Direktur Utama PT Citra Gading Asritama (CGA), Ichsan Suaidi ditahan di Polres Jakarta Selatan.

Dilansir dari laman rimanews

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top