KPK Tetapkan Bupati Kukar Jadi Tersangka

KPK Tetapkan Bupati Kukar Jadi Tersangka istimewa

WinNetNews.com - Politikus Golkar Azis Syamsuddin mengaku masih berkomunikasi dengan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari yang ditetapkan tersangka tadi siang. Azis berharap Rita dapat melewati proses hukum dengan baik.

"Siang tadi saya komunikasi, kan ada berita ditangkap, oh belum katanya (Rita). Apa pernah diperiksa sebagai tersangka? Oh belum," ujar Azis di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2017). 

Azis menceritakan dia sempat menyampaikan kepada Rita untuk tenang dan melihat secara jernih permasalahan yang dihadapi. Menurut Azis kalau kasus yang menjerat Rita sama seperti yang tertulis dalam surat pemanggilan KPK. Ia menuturkan kasus tersebut sudah pernah ditangani oleh KPK sebelumnya. 

"Bahwa jual beli emas ini dilakukan murni perdata dan ini pernah disidik pernah diminta keterangan pada waktu zaman Pak Ruki pernah dimintakan dan sudah dijelaskan. Bukti emas nomor seri emas yang diperjualbelikan ini ada. 

"PT ini (media) yang beli emas itu," lanjutnya. 

Dirinya tidak memastikan dengan jelas berapa nilai emas tersebut. Tapi menurutnya lebih dari Rp 100 juta. 

"Wah saya nggak hafal, yang pasti lebih dari Rp 100 juta. Kalau kurang mah KPK nggak urus," terang Azis.

Dia berharap penetapan Rita sebagai tersangka bukanlah unsur politik. Mengingat Rita menjadi calon gubernur Kalimantan Timur yang diusulkan Ketua Umum Setya Novanto.

"Mudah-mudahan tidak ada unsur politik. Untuk pilgub Kaltim, biar DPP yang memutuskan," ucap Azis. (detikcom)