KPK Vs DPR

KPK Vs DPR

WinNetNews.com - Ramainya perbincangan tentang kontroversi pembubaran KPK melalui RUU Revisi UU KPK serta bleid (pengajuan) "RUU Pengampunan Nasional" untuk para koruptor. Hasil survei Indo Barometer mengungkapkan seberapa besar tingkat kepercayaan publik terhadap DPR dan KPK.

Seperti yang WinGamers lansir dari detikcom, hasil survei tersebut yakni, "Tingkat kepercayaan publik tertinggi adalah pada KPK (82%), TNI (81%) dan Presiden (78,6%). Tingkat kepercayaan publik terhadap DPR RI dan DPD RI tergolong rendah (di bawah 50%) dibandingkan lembaga Negara/Institusi Politik lainnya," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam siaran pers mengenai hasil survei Indo Barometer, Jumat (9/10/2015).

Survei dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1.200 orang (margin of error sebesar ± 3,0% pada tingkat kepercayaan 95%). Waktu pengumpulan data dilakukan tanggal 14 – 22 September 2015.

 

Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia. Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Dari perbandingan karakteristik demografis sampel dan populasi, tampak bahwa secara umum responden survei ini mirip dengan populasi.

Lalu lembaga mana yang dianggap paling bersih dari segi KKN? "Lembaga Negara yang skor bersihnya paling tinggi adalah KPK (65,8%), TNI (64,9%) dan Presiden (60,4%). Lainnya di bawah 50%," kata Qodari. Nah skor DPR soal bersih dari KKN ini hanya 22,7%, berada di posisi terendah dibanding lembaga negara lainnya.

Lalu dengan tingginya kepercayaan publik kepada KPK, apakah DPR akan meneruskan revisi UU KPK yang dilengkapi dengan 7 pasal yang dinilai bakal membunuh lembaga pemberantas korupsi itu?