(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

KPU Ijinkan Debat Capres-Cawapres di Kampus

Cindy
Cindy

KPU Ijinkan Debat Capres-Cawapres di Kampus Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Komisi Pemilihan Umum baru saja mengatakan debat calon presiden dan wakil presiden akan diselenggarakan sebanyak lima kali. KPU sebagai penyelenggara pun akan bertanggungjawab dalam menentukan konten hingga format yang akan diterapkan dalam debat capres cawapres tersebut.

Penyelenggaraan debat capres cawapres sendiri biasanya dilakukan di sebuah hotel dengan disiarkan langsung oleh TV Nasional. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Badja mengatakan pelaksanaan debat juga bisa diselenggarakan di kampus“Boleh (di kampus). Di Amerika Serikat kan menyelenggarakan debatnya di kampus bukan di TV,” kata Rahmat Badja.

Rahmat Badja mengatakan alasan kampus bisa menjadi salah satu opsi untuk tempat penyelenggaraan debat capres cawapres karena audience-nya yang akan jauh lebih jelas.

“Gak pakai parpol A, parpol B gitu lho. Audience kalau di sana itu kan mahasiswa dan mereka bertanya. Ini nih capres gue mau apa ke depannya, ditanya betul-betul oleh mahasiswa,” kata Rahmat Badja.


Pendukung yang dibawa saat pelaksanaan debat capres cawapres juga harus seimbang. Tidak boleh salah satu paslon pendukun yang datang lebih banyak atau lebih sedikit.

“Membawa pendukung juga jangan sampai jumah paslon A lebih banyak dari paslon B. Kemudian juga adanya pembatasan pada iklan,” tambah Rahmat Badja.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});