(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

KPU Siap Pilkada Serentak Hari Ini

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

KPU Siap Pilkada Serentak Hari Ini
WinNetNews.com - KPU siap pilkada serentak hari ini. Seperti dilansir Beritasatu, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, mengungkapkan, KPU di semua tingkatan sudah siap menyelenggarakan Pilkada serentak besok, 9 Desember 2015. Menurutnya, tidak ada lagi persoalan yang mengganjal pelaksanaan pilkada serentak kecuali distribusi dan sengketa pencalonan yang harus diselesaikan hari ini.

"Saya pikir tidak ada lagi persoalan yang menghambat pelaksanaan pilkada serentak 2015. Kecuali besok (red-hari ini) distribusi logistik harus dipastikan ada di setiap TPS dan ada putusan sengketa pencalonan di Kalimantan Tengah,” ujar Husni saat ditemui di Hotel Borobudur, Senin (7/12) malam.

Husni mengungkapkan posisi terakhir logistik Pilkada berdasarkan video conference dengan 8 KPU telah berada di kecamatan bagi daerah perkotaan dan daerah kabupaten untuk daerah yang mudah dijangkau. Sementara ada di desa dan keluruhan di kecamatan untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau sudah mendapat logistik lebih awal.

"Kami juga tadi mendapat informasi khusus dari Papua, di mana di Papua ada satu daerah kabupaten yang menjadi perhatian kita, yaitu Yahukimo. Semua logistik sudah bergerak ke distrik atau kecamatan, kecuali satu dari 51 distrik yang belum terdistribusi karena persoalan cuaca tidak memungkinkan,” ungkapnya.

 

Terkait sengketa pencalonan, Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, mengatakan, KPU hanya menunggu putusan PTTUN terkait sengketa pencalonan di Kalimantan Tengah yang akan dibacakan hari ini. Jika PTTUN memutuskan bahwa pasangan Ujang-Jawawi tetap dibatalkan, maka surat suara langsung didistribusikan ke TPS-TPS.

"Jika PTTUN mengabulkan atau membatalkan putusan pembatalan dari KPU, maka KPU akan mencetak ulang surat suara untuk menyertakan tanda gambar pasangan Ujang-Jawawi. Tentunya harus makan waktu, pilkada setempat ditunda sampai logistiknya tercukup,” ujar Hadar.

Sementara terkait persoalan anggaran pilkada, kata dia sudah mencukupi minimal sampai pada tahapan pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara. Sebelumnya, dia mengakui memang ada tiga daerah yang anggarannya belum dipenuhi sampai 50 persen, yakni Kuantan Singingi (Riau), Ogan Komering Ulu Timur (Sumatera Selatan) dan Yahukimo (Papua).

"Semua anggaran pilkada telah terpenuhi sampai 50 persen ke atas di setiap daerah sehingga bisa mencukupi sampai rekapitulasi suara,” ungkapnya.

 

Posisi terakhir terkait anggaran Pilkada, sebanyak 180 daerah yang sudah menerima transfer dana hibah dari pemda 100 persen, sebanyak 11 daerah yang sudah menerima transfer dana hibah dari pemda 90 persen sampai kurang dari 100 persen dan sebanyak 78 daerah yang sudah menerima transfer dana hibah dari pemda 50 persen sampai kurang dari 90 persen.

"KPU di daerah juga sudah siap melaksanakan pilkada serentak. Kami telah melakukan bimtek 3 titik daerah dan 7 titik kegiatan simulasi pemungutan maupun penghitungan suara. Kita juga sudah menyiapkan Pedoman Teknis dalam bentuk buku dan video,” papar Hadar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});