KPU Tanggapi Klaim Kemenangan Prabowo di Pilpres 2019

Daniel
Daniel

KPU Tanggapi Klaim Kemenangan Prabowo di Pilpres 2019 Prabowo Subianto (Foto: MI)

Winnetnews.com - Prabowo Subianto mengklaim telah memenangkan Pilpres 2019 dengan perolehan suara mencapai 62 persen. Hal itu diutarakan pada konferensi persnya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4) malam. Menanggapi hal itu, pihak KPU buka suara.

Pihak KPU sendiri tidak mempermasalahkan klaim yang dilakukan oleh Prabowo soal kemenangannya di Pilpres 2019. Menurut Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari, klaim kemenangan tersebut adalah hak dari calon presiden nomor urut 02 itu.

“Berbagai macam pihak menyampaikan statement. Itu hak ya,” ujar Hasyim seperti dikutip dari Kumparan. Namun, Hasyim mengingatkan jika ingin mengklaim hasil dari Pilpres, maka harus dibarengi dengan data yang akurat.

“Soal perolehan suara, yang kemudian disebut menang atau kalah dan seterusnya, ini based on data, dan itu mestinya data resmi dari KPU,” tegas Hasyim. Tak pelak dirinya menegaskan kepada semua paslon untuk menunggu hasil resmi.

Hasyim sendiri mengaku tidak menganggap hasil exit poll atau quick count tidak presisi. Namun yang ia sayangkan adalah hasil dari metode survei tersebut “Kemudian dianggap presentatif” dan seolah dijadikan acuan utama. KPU sendiri baru akan mengumumkan hasil perhitungan resmi sebulan kemudian.

Apa Reaksi Kamu?