Krisis Pengungsi Suriah Di Eropa

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Krisis Pengungsi Suriah Di Eropa

 Wingamers.com - Krisis pengungsi Suriah di Eropa. Bertambahnya pengungsi yang terus berdatangan kini berkembang menjadi krisis bagi Uni Eropa. Eropa terancam darurat politik. Aturan Dublin menyebut negara dimana pengungsi masuk untuk pertama kalinya yang harus menangani, kini tidak lagi berfungsi. Italia, Yunani, Hongaria menjadi bukti paling nyata, bahwa aturan Uni Eropa terkait pengungsi itu tidak sesuai lagi dengan zaman. Tapi juga harus diingat, hanya sebagian kecil dari 28 negara Uni Eropa yang terlibat langsung dalam krisis. 


Hongaria hanya mampu mendirikan pagar kawat berduri sepanjang 175 km dan negara lain kewalahan dengan arus pengungsi yang deras seperti itu. Kapasitas penampungan pengungsi sudah dikurangi dan Jerman sendiri kelimpungan soal ini. Krisis pengungsi Suriah di Eropa. Jika Eropa tidak bertindak maka ini akan menjadi kekacauan. Namun jangan lupa zaman berubah dan perpindahan manusia adalah sesuatu yang semakin wajar. Ini adalah situasi darurat yang membutuhkan tindakan.

Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere mengritik ketidaksiapan Uni Eropa itu. "Kami memperkirakan serbuan 800.000 pengungsi pada tahun ini," ujar de Maizere kepada wartawan seperti dilansir Deutsche Welle. "Namun perlu disadari, bahwa Jerman tidak akan mampu selamanya menampung 40 persen dari seluruh jumlah pengungsi," tambah menteri dalam negeri Jerman itu.  Sejumlah negara di kawasan Balkan yang berbatasan dengan Yunani, kini juga kewalahan menghadapi gelombang pengungsi yang berusaha melanjutkan perjalanan menuju Jerman, Perancis dan Inggris. (MT)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});