Kualifikasi Pertama, Rio Haryanto Tereliminasi

Kualifikasi Pertama, Rio Haryanto Tereliminasi

Sabtu, 19 Mar 2016 | 16:35 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Rio Haryanto dan rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, tersingkir pada babak kualifikasi pertama Formula 1 di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Australia, Sabtu (19/3/2016).

Kedua pebalap Manor tersebut, ditambah Esteban Gutierez (Hass Ferrari), masih berada dalam garasi pada pukul 13.06 WIB. Padahal, sesi kualifikasi pertama sudah dimulai sejak pukul 13.00 WIB.

Wehrlein masih berada di garasi saat Rio dan Gutierez sudah menuju pit lane. Dengan catatan waktu 90 detik, Wehrlein menjadi pebalap pertama yang tereliminasi.

Sementara itu, pebalap yang pertama keluar dari garasi pada sesi kualifikasi pertama adalah duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Mereka keluar setelah lampu hijau menyala, pertanda pit lane dibuka. Pebalap Haas Ferrari, Grosjean, menjadi pebalap ketiga yang keluar garasi. Dia memacu mobilnya dengan menggunakan ban supersoft.

Sesi kualifikasi yang dimulai pukul 13.00 WIB ini diikuti sebanyak 22 pebalap. Cuaca di Sirkuit Albert Park tampak mendung dengan lintasan kering.

Kualifikasi pertama dilakukan selama 16 menit. Nasib para pebalap sudah ditentukan pada tujuh menit pertama. Pebalap paling lambat akan dieliminasi.

Setelah itu, satu pebalap tereliminasi setiap 90 detik. Para pebalap yang bertahan akan mengikuti kualifikasi kedua.

Rio sebelumnya menggunakan sayap depan baru untuk memulai sesi kualifikasi. Sayap depan MRT05 nomor 88 yang dipacu Rio pada sesi latihan bebas ketiga menabrak mobil pebalap Haas, Romain Grosjean, ketika keluar dari garasi.

Rio saat itu mengalami kesulitan melihat ke arah kiri sehingga dia tidak mengetahui apakah ada mobil di sebelahnya atau tidak.

Dilansir dari: kompas

Foto: f1fanatic 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...