Kualitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diragukan

Kualitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diragukan

Rabu, 20 Jan 2016 | 09:28 | Rusmanto
WinNetNews.com - Masih banyak pihak meragukan kualitas dan keselamatan kereta cepat (High Speed Train/HST) rute Jakarta-Bandung sepanjang 142 kilometer (km), yang dikerjakan secara keroyokan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan China.

Menjawab keraguan tersebut, Dubes China untuk Indonesia, Xie Feng angkat suara. China yang telah berpengalaman membangun HST, akan memberikan produk terbaik, mulai dari rolling stock, persinyalan hingga konstruksi.

"Kereta cepat ini merupakan teknologi transportasi tingkat tinggi. Secara teknis dan teknologi, kita sudah membuktikan dengan sistem dan standar yang mengikuti standar dunia," kata Xie saat berbicang di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2016).

Otoritas China, lanjut Xie, melakukan pengawasan ketat terhadap standar keselamatan pada layanan kereta cepat. "Kita punya sistem, setiap hari ada lokomotif pergi ke jalur kereta cepat untuk periksa secara otomatis keselamatan kereta," sebutnya.

 

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga telah mengikuti standar keamanan dan keselamatan kereta cepat yang disyaratkan oleh regulator transportasi Indonesia, yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Xie mengaku. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, juga sangat ketat terhadap standar keamanan dan keselamatan transportasi. Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri telah mengantongi berbagai izin, termasuk izin dari Kemenhub.

Meski berpengalaman mengoperasikan HST dan telah memperoleh izin, Xie tak bisa menjamin bahwa tak ada kecelakaan 100%. Namun, China tetap optimistis, kereta cepat negeri tirai bambu ini memiliki standar keamanan dan keselamatan tinggi. Karena China tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki angka kecelakaan perjalanan kereta cepat terendah di dunia.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan TOD, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwi Windarto menjawab keraguan kualitas dan keselamatan HST buatan China.

Lanjut Dwi, produk kereta cepat (Electric Multiple Unit) termasuk sinyal buatan China, ternyata mengadopsi teknologi di Eropa. Tak hanya itu, sarana kereta buatan China memiliki level keselamatan transportasi tertinggi yang dimiliki Uni Eropa, yakni Safety Integrity Level (SIL) 4.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...