Kualitas Minyak Sawit Malaysia Lebih Bagus Dari Indonesia

Kualitas Minyak Sawit Malaysia Lebih Bagus Dari Indonesia

WinNetNews.com - Kualitas minyak sawit Malaysia rupanya jauh lebih unggul dari Indonesia. Minyak sawit dari Negeri Jiran lebih steril karena bilangan peroksida lebih rendah dan indeks DOBI yang jauh lebih baik. Karena itu, riset atau penelitian di Indonesia diperlukan agar minyak sawit Indonesia mampu bersaing di pasar internasional, terutama dengan Malaysia.

Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun mengungkapkan, saat ini pasar ekspor menuntut minyak sawit yang berkualitas tinggi. Beberapa negara pengimpor minyak sawit menyatakan keinginannya mendapatkan minyak sawit dengan bilangan peroksida rendah dan indeks DOBI yang lebih baik. DOBI (deteroriation of bleachability index) adalah indeks yang menunjukkan tingkat oksidasi yang sudah dialami minyak sawit.

Karena itulah, kata dia, riset atau penelitian diperlukan agar minyak sawit Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Melalui riset diharapkan bisa dihasilkan penyesuaian atas proses-proses pengelolaan untuk diterapkan industri sawit nasional secara luas. “Ekspor minyak sawit memang memiliki tantangan yang berat. Malaysia saat ini sudah bisa menurunkan indeks DOBI, minyak mereka lebih steril,” kata dia ketika dikonfirmasi di Jakarta.

Dia mengatakan, dengan perioksida dan indeks DOBI yang lebih tinggi, minyak sawit saat diolah menjadi makanan biaya pemrosesannya menjadi lebih mahal. Riset diperlukan agar indeks DOBI bisa ditekan, misalnya dengan mengatur pola panen buah sawit sedemikian rupa sehingga tidak boleh terlalu mentah, air buangan di pabrik yang sudah menjadi kondensat hendaknya juga tidak dicampur dengan air yang berkualitas masih baik. “Di Indonesia sudah ada beberapa lembaga riset. Nanti hasil riset untuk indeks DOBI tersebut bisa dijalankan melalui sebuah peraturan, misalnya untuk produk hilir indeks DOBI 2,5%, itu yang bisa diterima,” kata dia.

(seperti dilansir dari Berita Satu)