Kuasa Hukum First Travel Duga Ada 'Kongkalikong' Atas Kasus Kliennya
Kuasa hukum First Travel, Eggy Sudjana/Foto: Zool WNN

Kuasa Hukum First Travel Duga Ada 'Kongkalikong' Atas Kasus Kliennya

Jumat, 11 Agt 2017 | 14:42 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Kuasa Hukum First Travel, Eggy Sudjana menduga adanya 'kongkalikong' terkait kasus yang menjerat kliennya. Dugaannya itu melibatkan 4 associate dan Kementerian Agama.

"Pakai logika deh. Pertama, keputusan penutupan sudah terjadi. Berarti seluruh aktivitas mati. Bahkan 90% pegawainya sudah keluar. Berarti menambah problem pengangguran dan lain sebagainya. Kedua, dengan sudah berlakunya penutupan itu, kita masih diberi kesempatan 2 minggu untuk menyanggah. Artinya, belum ada kepastian dong kalau masih boleh menyanggah. Sampai saya ke Kemenag kemarin, dalam sanggahan saya bahwa langkah penutupan itu tidak tepat," kata Eggy di Gedung sementara Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (11/08/2017).

Eggy menduga, ada udang di balik batu dari penutupan travel kliennya itu.

"Saya menduga ini ada bisnis terselubung. Dugaannya ada 4 associate yang mengucilkan saya punya klien. Ada persaingan bisnis. Dan mereka berkonspirasi dengan Kemenag," duganya.

Meski demikian, Eggy melanjutkan, dari hasil pertemuannya dengan pihak Kemenag kemarin, otoritas Keagamaan di Indonesia telah membantah dugaan Eggy.

"Kemenag sudah membantah kemarin tapi dugaan ini tak bisa dihilangkan. Terutama dari pungutan visa. Iya, ada pungutan visa, per visa US $15. Nah, dalam 1 tahun, ada 600 ribu jamaah yang berangkat se-Indonesia menggunakan First Travel. Total sekira Rp. 217 Miliar. Ini kemana uangnya?" ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...