Kuburan Vampire di Polandia

Kuburan Vampire di Polandia

WinNetNews.com - Pernakah Anda mendengar sebuah legenda legenda tentang vampir.  Legenda ini sangat populer di kalangan bangsa Eropa. Jika Anda berkunjung ke Polandia, di sana ada sebuah pemakaman yang menurut mitos warga setempat merupakan tempat dimakamkannya vampire. Tidak hanya ada satu makam yang terdapat di sana, melainkan banyak. 

Dilansir dari situs CNN,  Kondisi yang cukup mengerikan terdapat pada mayat-mayat yang dipercaya sebagai vampire oleh warga setempat. Tengkorak-tengkorak mereka tidak normal seperti manusia pada umumnya. Gigi mereka ada yang dicabut, mulut disumpal batu, serta benda tajam yang melengkung di leher.

Kuburan vampire yang cukup terkenal di kalangan warga setempat ini berada di kota kecil bernama Kamien Pomorski. Kota kecil di pesisir pantai, yang berjarak sekitar 5 jam dari Warsawa, ibukota negara Polandia. Mungkin belum banyak traveler yang tahu tentang cerita kuburan vampir ini.

Mulai tahun 1950-an para arkeolog dikagetkan dengan pembongkaran kuburan yang dianggap keramat. Bukan cuma satu atau dua, tapi ada banyak. Kuburan keramat tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kuburannya vampir.

image0

Jenazah yang dianggap vampir (kamienskieinfo/Youtube)

Ketika peti mati dibuka, terlihatlah tulang belulang jenazah yang aneh. Bukan karena bentuknya, tetapi ada barang-barang lain di sekitarnya. Seperti, batu yang besar di dalam mulut, benda tajam yang mungkin seperti besi di leher dan kaki yang seperti dipaku karena ada lubang besar pada tulangnya.

Sejarahnya begini, di abad ke-17, masyarakat Kamien Pomorski dibuat heboh dengan isu vampir karena tersebarnya suatu penyakit yang dianggap misterius. Sebenarnya adalah semacam penyakit kolera tapi ketika itu belum ditemukan obatnya.

Penyakitnya, muncul dari beberapa pengakuan orang yang mengaku melihat vampir. Mereka melihat orang dengan taring dan penuh darah dan berkeliaran di dalam kota. Maka ketika ada orang yang kena penyakit, dianggaplah terkena gigitan vampir tersebut.

image1

Batu yang disumpalkan ke mulut jenazah (kamienskieinfo/Youtube)

Kemudian saat sudah meninggal, masyarakat setempat melakukan tindakan pencegahan supaya si jenazah tidak bangkit dari kubur dan menjadi vampir. Sebab, kala itu masyarakat percaya, kalau vampir tidak tiba-tiba datang melainkan bangkit dari kuburan.

Tindakan pencegahannya agar vampir tidak hidup, dengan menyumpal mulut si jenazah dengan batu besar dan juga benda tajam seperti besi yang dikalungkan di leher. Yang lebih sadis, seperti apa yang diteliti oleh arkeolog, banyak tulang-tulang kaki jenazah yang dibolongkan dan dipaku. Malah, beberapa tengkorak giginya dicabut!

"Awalnya, kami mengira hanya luka-luka di tulang kaki saja. Tapi setelah diteliti, itu dibuat dengan sengaja," ujar salah seorang arkeolog, Slawomir Gorka.

image2

Perhatikan, ada bolongan di tulang pahanya (kamienskieinfo/Youtube)

Dari hasil penelitian bertahun-tahun, kepercayaan tentang kuburan vampir akhirnya terpecahkan. Jenazah yang ada di sana, memang menderita berbagai macam penyakit. Tapi kalau bicara literatur sejarah mengenai Eropa Timur, cerita tentang vampir memang begitu 'booming' pada abad pertengahan.

Sayang, belum ada museum atau tempat khusus untuk menaruh tulang-tulang jenazah yang dianggap vampir tersebut. Para arkeolog pun memilih untuk menguburnya kembali ke tanah dan hanya dibongkar untuk penelitian. Tapi usut punya usut, Italia dan beberapa negara lain di Eropa punya kuburan vampir seperti di Polandia ini lho!