Kucing Sehat Kalau Dielus

Kucing Sehat Kalau Dielus

 

WinNetNews.com - Kucing sehat kalau dielus. Seperti dilansir dari Huffington Post, ada bukti ilmiah kenapa kita harus lebih sering mengelus kucing—mengelus, membantu menjaga kucing tetap sehat.

Penelitian ini melibatkan 96 kucing penampungan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mendapat interaksi positif dari orang yang sama selama 10 menit dalam satu sesi; ada empat sesi dalam sehari selama 10 hari. Interaksi ini meliputi sentuhan, menggosok, dan bermain-main. Kelompok kedua dikontrok dengan ketat oleh peneliti yang berdiri di depan mereka dengan pandangan yang dialihkan. Durasinya sama.

Keseluruhan kucing yang dilibatkan dalam studi ini telah dianggap sehat dan bugar—tidak cemas dan frustasi. Pada akhirnya, kucing yang mendapat elusan ditemukan bisa mempertahankan kondisi awal mereka dan tidak mengalami gangguan pernapasan. Sementara kelompok kedua ada indikasi kebugaran menurun, dan sedikit agak kurang sehat.

Konsultan kesejahteraan hewan, Nadine Gourkow, salah satu dari dua peneliti, mengatakan kepada Huffington Post, bahwa ia menemukan hubungan baik antara emosi yang positif dari belaian dengan kesehatan kucing. Idenya, bahwa kepuasan kucing menstimulasi antibodi yang membantu melawan gangguan pernapasan.

Jadi, jangan sungkan mengelus kucing Anda. Hanya saja selalu cuci tangan sesudah mengelus kucing.