Kudu Dicoba Nih! Ini Nih 4 Cara Mudah Melakukan Detoks Tubuh

Kudu Dicoba Nih! Ini Nih 4 Cara Mudah Melakukan Detoks Tubuh ilustrasi Foto-Thinkstock

WinNetNews.com - Tanpa disadari, terkadang Anda memasukkan banyak makanan maupun minuman yang tidak sehat ke dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat Anda merasa sakit perut, lelah, dan membutuhkan pengeluaran racun dari tubuh alias detoksifikasi.

Untungnya, beberapa perubahan simpel ini bisa membantu membuang racun dari tubuh dengan cepat. Seperti dikutip dari detikHealth dari laman shape, Minggu (12/8/2018), ini beberapa cara mudah detoksifikasi tubuh:

1. Kurangi asupan gula

Detoksifikasi merupakan cara yang efektif untuk membersihkan tubuh dari racun, yang juga akan mempercepat metabolisme dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulailah dengan mengurangi jumlah gula yang Anda konsumsi.

"Jika Anda makan lebih banyak gula, tubuh Anda untuk lebih banyak insulin. Dalam jangka panjang, kebiasaan semacam ini dapat menyebabkan Anda kelelahan, diabetes, berisiko kanker, dan mengalami kelebihan berat badan," kata Matt Dower, direktur spa di Mirbeau Inn & Spa di Skaneateles, New York.

2. Minum air lemon

Jika Anda ingin secara alami membuang racun dan zat-zat kimia berbahaya di dalam tubuh sekaligus menurunkan berat badan, maka sebaiknya minumlah air lemon.

Dower menyarankan untuk minum segelas air lemon di pagi hari. "Lemon membantu melembabkan kembali sistem dan meningkatkan pencernaan, yang akan membantu kotoran keluar dari tubuh Anda," katanya.

3. Gerakkan tubuh

Dower mengatakan, olahraga teratur mendorong sirkulasi dalam darah dan sistem getah bening. Rutin melakukan olahraga juga akan meningkatkan pencernaan, mengurangi ketegangan, melumasi sendi, dan juga memperkuat tubuh Anda.

"Orang-orang yang berolahraga secara teratur memiliki total racun jauh lebih sedikit dalam sistem mereka," tutur Dower.

4. Minum banyak teh

"Teh tidak hanya kaya akan antioksidan, tapi juga menghidrasi Anda, terutama jika itu teh herbal dan mengisi energi Anda," kata Ashley Karr, seorang psikolog dan pelatih kebugaran.

Ini artinya Anda akan cenderung tidak makan terlalu banyak atau makan makanan yang salah. Perlu diingat bahwa kafein dalam teh berbeda dengan kafein yang ada pada kopi. Kafein dalam teh lebih sedikit, sehingga lebih ramah pada sistem tubuh. Hal ini juga mengurangi rasa gugup Anda.