Skip to main content

Kuliner khas betawi

Kuliner khas betawi
Kuliner khas betawi

WinNetNews.com - Kota Jakarta, kota megapolitan yang brands di mall-nya sudah tak berbeda dengan mall di Singapura ini sebenarnya juga masih menyimpan berbagai makanan tradisional. Makanan tradisional yang saya maksud tentu saja adalah makanan khas suku asli Jakarta yaitu Betawi.

Dengan luasnya DKI Jakarta, dan padatnya penduduk, menjadikan banyak kreatifitas yang tumbuh, mengenai berbagai macam makanan khas, maklum saja DKI jakarta yang terkenal sebagi kota metropolitan, tentunya kaya akan kreatifitas masyarat tentang makanan khas.

Berikut beberapa makanan khas Betawi yang patut kita coba:

Roti Buaya.

image0

Roti buaya wajib dihadirkan dalam acara pernikahan adat Betawi. Roti buaya sendiri mulai dikenal oleh orang betawi saat orang Eropa masuk ke Indonesia. Saat itu roti menjadi lambang kemapanan. Maka roti buaya pun menjadi simbolisasi kemapanan dan kesetiaan seumur hidup. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti buaya ini kurang lebih sama dengan yang digunakan untuk membuat roti tawar biasa. Roti buaya dibuat dalam ukuran besar, bahkan panjangnya bisa mencapai satu meter.

Kerak telor.

image1

Cukup unik bahwa makanan khas Betawi yang satu ini tergolong mulai langka di Jakarta, namun mudah ditemui di kota lain semisal Bandung dan Garut. Bahkan kerak telor menjadi jajanan tetap di lapangan Gasibu dan Food Market Paskal Hypersquare, Bandung. Kerak telor yang menjadi ikon Pekan Raya Jakarta ini merupakan penganan yang terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, udang kering dan bawang merah. Bahan-bahan ini lalu dibumbui dengan kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Kerak telor ini dimasak di atas bara api hingga kering. Rasanya yang gurih akan lebih nikmat bila disajikan panas-panas.

Ketoprak.

image2

Ketoprak merupakan makanan khas Betawi yang menggunakan ketupat sebagai bahan utamanya. Sedangkan bahan-bahan lainnya adalah tahu, bihun, mentimun, taoge, dan bisa juga ditambahkan telur rebus. Bahan-bahan ini lalu dicampurkan dengan saus kacang, kecap manis, dan taburan bawang goreng. Ketoprak banyak dijajakan di gerobak-gerobak atau di kaki lima.

Kue rangi.

image3

Kue rangi atau sagu rangi merupakan kue tradisional khas betawi yang terbuat dari kelapa yang diparut kasar dan tepung sagu yang dibalut dengan saus gula merah. Sekilas, kue rangi ini mirip dengan kue pancong.

Asinan betawi.

image4

Asinan betawi menggunakan berbagai jenis sayuran mentah yang dirajang halus dan diasinkan. Sayur-sayurannya yang dipakai biasanya adalah sawi, kubis, toge, selada, serutan kasar wortel dan mentimun. Dapat juga ditambahkan tahu. Asinan ini lalu disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur cuka atau air asam jawa dan cabai. Rasanya segar, berpadu antara asam, asin, manis, dan pedas. Lebih nikmat lagi bila ditambahkan kacang goreng dan kerupuk mie yang renyah.

Es slendang mayang.

image5

Es selendang mayang terbuat dari tepung sagu dan tepung hunkwe yang dimasak hingga menyerupai agar-agar dan disajikan dengan sirup gula jawa dan kuah santan yang segar. Adonan tepung sagu dan tepung hunkwe ini diberi warna merah atau hijau lalu dipotong kotak-kotak. Warnanya yang cerah ini mengingatkan kepada selendang sehingga es ini lalu dinamakan es selendang mayang. Es selendang ini selain rasanya manis menyegarkan, namun juga cukup mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Agak sulit untuk menemukan es selendang mayang di Jakarta selain di kawasan wisata Kota Tua.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top