Skip to main content

Kuliner Lezat Belitung yang Wajib Dicoba

Kuliner Lezat Belitung yang Wajib Dicoba
Kuliner Lezat Belitung yang Wajib Dicoba

WinNetNews.com - Rasanya kurang lengkap jika liburan tanpa menyicipi kuliner khas dari daerah yang kita tuju. Nah, saat liburan ke Belitung cicipilah beberapa kuliner berikut yang rasanya maknyus dan tidak bisa ditemui di daerah lain.

Dari Mie Atep, hingga warung kopi tertua di Belitung, semuanya bisa traveler coba saat liburan di sana.

1. Mie Atep

Satu kuliner yang paling menggoda untuk dicoba saat di Belitung tentu saja Mie Atep. Warung Mie ini begitu terkenal di Belitung, pantas saja karena warung ini telah berdiri sejak tahun 1973 dan termasuk salah satu yang tertua di Belitung.

Mie khas Belitung ini disajikan dalam piring yang berisi mie kuning yang disiram kaldu udang, diberi potongan kentang rebus, timun, taoge, dan tahu. Kuahnya yang berwarna kecoklatan menambah kelezatan karena perpaduannya yang pas antara kaldu udang, gula aren, merica, serta aneka rempah lainnya.

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati Mie Belitung nikmat ini. Satu porsi mie hanya dihargai sebesar Rp 13.000 saja. Tak perlu ragu lagi, kalau kurang silakan tambah, mumpung masih di Belitung.

2. Pulut Panggang

image0

Selain Mie Atep, traveler juga wajib coba hidangan lezat satu ini. Namanya Pulut Panggang, hidangan ini adalah sejenis lemper yang diisi abon ikan yang disebut Sambal Lingkung. Namun bedanya jika lemper dibungkus daun pisang dengan bentuk memanjang, pulut dibungkus daun simpor berbentuk segitiga.

Pulut terbuat ketan, rasanya merupakan perpaduan antara gurih dan manis. Pulut panggang bisa traveler dengan mudah jumpai di beberapa pasar tradisonal di Belitung. Yuk, coba!

3. Gangan

image1

Selanjutnya, ada hidangan bernama Gangan khas belitung yang tak kalah menggoda untuk dicoba. Hidangan ini berupa sup berwarna kuning dan tidak bersantan. Warna kuning itu berasal dari kunyit yang merupakan bahan utama untuk membuat gangan, beserta dengan rempah dan bumbu lainnya.

Gangan sendiri ada 2 jenis, yaitu gangan darat dan gangan laut. Gangan darat terbuat dari daging, biasanya sapi, terkadang juga digunakan daging kancil. Sedangkan gangan laut terbuat dari ikan, dan menggunakan potongan nanas, sementara pada gangan darat bahan nanasnya digantikan oleh potongan singkong.

4. Kopi Belitung

image2

Terakhir, cicipilah kopi khas Belitung di kedai kopi tertua yang sudah berdiri sejak 1921. Kedai kopi ini bernama Waroeng Kopi Ake yang menyediakan kopi nikmat sebagai teman Anda saat hendak menjalankan aktivitas pagi hari di Belitung.

Alat-alat yang digunakan untuk membuat kopi di sini masih sangat otentik dan tidak banyak berubah. Bagitu pula dengan resepnya, masih sama sejak dulu kala. Traveler bisa menikmati secangkir kopi dan aneka kue tradisional sebagai temannya dengan harga yang sangat terjangkau. Tak lebih dari Rp 10.000, sudah dijamin puas!

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top