Skip to main content

Kuliner Tradisional Spanyol

Kuliner Tradisional Spanyol
Kuliner Tradisional Spanyol

Masakan Spanyol juga banyak dipengaruhi oleh boga bahari atau makanan laut. Sejarah panjang Negeri Matador dengan banyak pengaruh budaya menyebabkan kuliner tradisional mereka memiliki banyak pengaruh seperti dari Meksiko dan Portugal. Tak heran jika Spanyol memiliki deretan menu hidangan unik dengan ribuan resep.

Untuk mengetahui beberapa hidangan Spanyol, berikut ini adalah lima di antaranya. Let's check itu out..

Empanada

Empanada sangat mirip dengan pastel yang Anda kenal di Indonesia. Terbuat dari adonan roti atau pastry, empanada umumnya dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Isiannya bisa bermacam-macam mulai dari daging, keju, sayur hingga buah. Nama empanada sendiri diambil dari bahasa Portugis dan Spanyol, 'empanar' yang artinya 'membungkus dengan roti'.

Tapas

Yang satu ini merupakan hidangan Spanyol yang sudah cukup populer di dunia internasional. Tapas sendiri sebenarnya sebutan bagi deretan hidangan pembuka atau camilan. Tak hanya hidangan hangat, ada pula hidangan dingin seperti kombinasi buah zaitun dan keju. Dewasa ini, menu tapas di sejumlah restoran terdiri dari aneka ragam hidangan yang karena jumlahnya cukup banyak, maka sering dijadikan hidangan utama.

Paella

Hidangan nasi berwarna kuning cerah ini berasal dari kota Valencia dan merupakan salah satu hidangan nasional masyarakat Spanyol. Pada dasarnya, paella merupakan nasi yang dimasak bersama bumbu dan bahan-bahan seperti daging dan sayuran. Namun, paella juga terdiri dari beberapa varian mulai dari boga bahari, sayuran, daging hingga kombinasi ketiganya. Cita rasa yang paling dominan dalam hidangan ini adalah zaitun karena dimasak menggunakan minyak zaitun.

Gazpacho

Melimpahnya tomat di daratan Eropa membuat banyak negara memiliki beragam hidangan yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Di Spanyol, terdapat hidangan pembuka bernama gazpacho yang merupakan sup dingin terbuat dari tomat, mentimun, paprika, bawang putih dan bawang bombay. Seluruh sayuran tadi diolah dengan cara dihaluskan tanpa dimasak sama sekali dan biasanya diberi tambahan bumbu seperti minyak zaitun, cuka wine, air dan garam. Gazpacho biasa disantap saat musim panas.

Churro

Churro sering disebut sebagai donat versi Spanyol karena adonan yang digunakan memang hampir sama dengan adonan donat. Hidangan penutup sekaligus camilan berbentuk panjang layaknya cakwe ini seringkali dinikmati sebagai teman minum cokelat hangat. Terbuat dari adonan pastry, churro biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Masyarakat lokal biasa menyantap churro dengan mencelupkannya ke dalam saus cokelat. Terkadang churro juga diberi isian cokelat, vanila atau buah-buahan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top